Biografi Cipto Mangunkusumo
________________________________________________________________________________
Cipto
_Mangunkusumo
_dilahirkan
_pada
_4
_Maret
_1886
_di
_desa
_Pecagakan
_Jepara.
_Ia
_adalah
_putera
_tertua
_dari
_Mangunkusumo,
_seorang
_priyayi
_rendahan
_dalam
_struktur
_masyarakat
_Jawa.
_Karir
_Mangunkusumo
_diawali
_sebagai
_guru
_bahasa
_Melayu
_di
_sebuah
_sekolah
_dasar
_di
_Ambarawa,
_kemudian
_menjadi
_kepala
_sekolah
_pada
_sebuah
_sekolah
_dasar
_di
_Semarang
_dan
_selanjutnya
_menjadi
_pembantu
_administrasi
_pada
_Dewan
_Kota
_di
_Semarang.
_Sementara,
_sang
_ibu
_adalah
_keturunan
_dari
_tuan
_tanah
_di
_Mayong,
_Jepara.
Meskipun
_keluarganya
_tidak
_termasuk
_golongan
_priyayi
_birokratis
_yang
_tinggi
_kedudukan
_sosialnya,
_Mangunkusumo
_berhasil
_menyekolahkan
_anak-anaknya
_pada
_jenjang
_yang
_tinggi.
_Cipto
_beserta
_adik-adiknya
_yaitu
_Gunawan,
_Budiardjo,
_dan
_Syamsul
_Ma'arif
_bersekolah
_di
_Stovia,
_sementara
_Darmawan,
_adiknya
_bahkan
_berhasil
_memperoleh
_beasiswa
_dari
_pemeintah
_Belanda
_untuk
_mempelajari
_ilmu
_kimia
_industri
_di
_Universitas
_Delf,
_Belanda.
_Si
_bungsu,
_Sujitno
_terdaftar
_sebagai
_mahasiswa
_Sekolah
_Tinggi
_Hukum
_di
_Jakarta.
_
Ketika
_menempuh
_pendidikan
_di
_Stovia,
_Cipto
_mulai
_memperlihatkan
_sikap
_yang
_berbeda
_dari
_teman-temannya.
_Teman-teman
_dan
_guru-gurunya
_menilai
_Cipto
_sebagai
_pribadi
_yang
_jujur,
_berpikiran
_tajam
_dan
_rajin.
_"Een
_begaald
_leerling",
_atau
_murid
_yang
_berbakat
_adalah
_julukan
_yang
_diberikan
_oleh
_gurunya
_kepada
_Cipto.
_Di
_Stovia
_Cipto
_juga
_mengalami
_perpecahan
_antara
_dirinya
_dan
_lingkungan
_sekolahnya.
_Berbeda
_dengan
_teman-temannya
_yang
_suka
_pesta
_dan
_bermain
_bola
_sodok,
_Cipto
_lebih
_suka
_menghadiri
_ceramah-ceramah,
_baca
_buku
_dan
_bermain
_catur.
_Penampilannya
_pada
_acara
_khusus,
_tergolong
_eksentrik,
_ia
_senantiasa
_memakai
_surjan
_dengan
_bahan
_lurik
_dan
_merokok
_kemenyan.
_Ketidakpuasan
_terhadap
_lingkungan
_sekelilingnya,
_senantiasan
_menjadi
_topik
_pidatonya.
_Baginya,
_Stovia
_adalah
_tempat
_untuk
_menemukan
_dirinya,
_dalam
_hal
_kebebasan
_berpikir,
_lepas
_dari
_tradisi
_keluarga
_yang
_kuat,
_dan
_berkenalan
_dengan
_lingkungan
_baru
_yang
_diskriminatif.
_
Beberapa
_Peraturan-peraturan
_di
_Stovia
_menimbulkan
_ketidak
_puasan
_pada
_dirnya,
_seperti
_semua
_mahasiswa
_Jawa
_dan
_Sumatra
_yang
_bukan
_Kristen
_diharuskan
_memakai
_pakaian
_tadisional
_bila
_sedang
_berada
_di
_sekolah.
_Bagi
_Cipto,
_peraturan
_berpakaian
_di
_Stovia
_merupakan
_perwujudan
_politik
_kolonial
_yang
_arogan
_dan
_melestarikan
_feodalisme.
_Pakaian
_Barat
_hanya
_boleh
_dipakai
_dalam
_hirarki
_administrasi
_kolonial,
_yaitu
_oleh
_pribumi
_yang
_berpangkat
_bupati.
_Masyarakat
_pribumi
_dari
_wedana
_ke
_bawah
_dan
_yang
_tidak
_bekerja
_pada
_pemerintahan,
_dilarang
_memakai
_pakaian
_Barat.
_Implikasi
_dari
_kebiasaan
_ini,
_rakyat
_cenderung
_untuk
_tidak
_menghargai
_dan
_menghormati
_masyarakat
_pribumi
_yang
_memakai
_pakaian
_tradisional.
_
Keadaan
_ini
_senantiasa
_digambarkannya
_melalui
_De
_Locomotief,
_pers
_kolonial
_yang
_sangat
_progresif
_pada
_waktu
_itu,
_di
_samping
_Bataviaasch
_Nieuwsblad.
_Sejak
_tahun
_1907
_Cipto
_sudah
_menulis
_di
_harian
_De
_Locomotief.
_Tulisannya
_berisi
_kritikan,
_dan
_menentang
_kondisi
_keadaan
_masyarakat
_yang
_dianggapnya
_tidak
_sehat.
_Cipto
_sering
_mengkritik
_hubungan
_feodal
_maupun
_kolonial
_yang
_dianggapnya
_sebagai
_sumber
_penderitaan
_rakyat.
_Dalam
_sistem
_feodal
_terjadi
_kepincangan-kepincangan
_dalam
_masyarakat.
_Rakyat
_umumnya
_terbatas
_ruang
_gerak
_dan
_aktivitasnya,
_sebab
_banyak
_kesempatan
_yang
_tertutup
_bagi
_mereka.
_Keturunanlah
_yang
_menentukan
_nasib
_seseorang,
_bukan
_keahlian
_atau
_kesanggupan.
_Seorang
_anak
_"biasa"
_akan
_tetap
_tinggal
_terbelakang
_dari
_anak
_bupati
_atau
_kaum
_ningrat
_lainnya.
_
Kondisi
_kolonial
_lainnya
_yang
_ditentang
_oleh
_Cipto
_adalah
_diskriminasi
_ras.
_Sebagai
_contoh,
_orang
_Eropa
_menerima
_gaji
_yang
_lebih
_tinggi
_dari
_orang
_pribumi
_untuk
_suatu
_pekerjaan
_yang
_sama.
_Diskriminasi
_membawa
_perbedaan
_dalam
_berbagai
_bidang
_misalnya,
_peradilan,
_perbedaan
_pajak,
_kewajiban
_kerja
_rodi
_dan
_kerja
_desa.
_Dalam
_bidang
_pemerintahan,
_politik,
_ekonomi
_dan
_sosial,
_bangsa
_Indonesia
_menghadapi
_garis
_batas
_warna.
_Tidak
_semua
_jabatan
_negeri
_terbuka
_bagi
_bangsa
_Indonesia.
_Demikian
_juga
_dalam
_perdagangan,
_bangsa
_Indonesia
_tidak
_mendapat
_kesempatan
_berdagang
_secara
_besar-besaran,
_tidak
_sembarang
_anak
_Indonesia
_dapat
_bersekolah
_di
_sekolah
_Eropa,
_tidak
_ada
_orang
_Indonesia
_yang
_berani
_masuk
_kamar
_bola
_dan
_sociteit.
_Semua
_diukur
_berdasarkan
_warna
_kulit.
_
Tulisan-tulisannya
_di
_harian
_De
_Locomotief,
_mengakibatkan
_Cipto
_sering
_mendapat
_teguran
_dan
_peringatan
_dari
_pemerintah.
_Untuk
_mempertahankan
_kebebasan
_dalam
_berpendapat
_Cipto
_kemudian
_keluar
_dari
_dinas
_pemerintah
_dengan
_konsekuensi
_mengembalikan
_sejumlah
_uang
_ikatan
_dinasnya
_yang
_tidak
_sedikit.
_
Selain
_dalam
_bentuk
_tulisan,
_Cipto
_juga
_sering
_melancarkan
_protes
_dengan
_bertingkah
_melawan
_arus.
_Misalnya
_larangan
_memasuki
_sociteit
_bagi
_bangsa
_Indonesia
_tidak
_diindahkannya.
_Dengan
_pakaian
_khas
_yakni
_kain
_batik
_dan
_jas
_lurik,
_ia
_masuk
_ke
_sebuah
_sociteit
_yang
_penuh
_dengan
_orang-orang
_Eropa.
_Cipto
_kemudian
_duduk
_dengan
_kaki
_dijulurkan,
_hal
_itu
_mengundang
_kegaduhan
_di
_sociteit.
_Ketika
_seorang
_opas
_(penjaga)
_mencoba
_mengusir
_Cipto
_untuk
_keluar
_dari
_gedung,
_dengan
_lantangnya
_Cipto
_memaki-maki
_sang
_opas
_serta
_orang-orang
_berada
_di
_dekatnya
_dengan
_mempergunakan
_bahasa
_Belanda.
_Kewibawaan
_Cipto
_dan
_penggunaan
_bahasa
_Belandanya
_yang
_fasih
_membuat
_orang-orang
_Eropa
_terperangah.
_
Terbentuknya
_Budi
_Utomo
_pada
_20
_Mei
_1908
_disambut
_baik
_Cipto
_sebagai
_bentuk
_kesadaran
_pribumi
_akan
_dirinya.
_Pada
_kongres
_pertama
_Budi
_Utomo
_di
_Yogyakarta,
_jatidiri
_politik
_Cipto
_semakin
_nampak.
_Walaupun
_kongres
_diadakan
_untuk
_memajukan
_perkembangan
_yang
_serasi
_bagi
_orang
_Jawa,
_namun
_pada
_kenyataannya
_terjadi
_keretakan
_antara
_kaum
_konservatif
_dan
_kaum
_progesif
_yang
_diwakili
_oleh
_golongan
_muda.
_Keretakan
_ini
_sangat
_ironis
_mengawali
_suatu
_perpecahan
_ideology
_yang
_terbuka
_bagi
_orang
_Jawa.
_
Dalam
_kongres
_yang
_pertama
_terjadi
_perpecahan
_antara
_Cipto
_dan
_Radjiman.
_Cipto
_menginginkan
_Budi
_Utomo
_sebagai
_organisasi
_politik
_yang
_harus
_bergerak
_secara
_demokratis
_dan
_terbuka
_bagi
_semua
_rakyat
_Indonesia.
_Organisasi
_ini
_harus
_menjadi
_pimpinan
_bagi
_rakyat
_dan
_jangan
_mencari
_hubungan
_dengan
_atasan,
_bupati
_dan
_pegawai
_tinggi
_lainnya.
_Sedangkan
_Radjiman
_ingin
_menjadikan
_Budi
_Utomo
_sebagai
_suatu
_gerakan
_kebudayaan
_yang
_bersifat
_Jawa.
_
Cipto
_tidak
_menolak
_kebudayaan
_Jawa,
_tetapi
_yang
_ia
_tolak
_adalah
_kebudayaan
_keraton
_yang
_feodalis.
_Cipto
_mengemukakan
_bahwa
_sebelum
_persoalan
_kebudayaan
_dapat
_dipecahan,
_terlebih
_dahulu
_diselesaikan
_masalah
_politik.
_Pernyataan-pernyataan
_Cipto
_bagi
_jamannya
_dianggap
_radikal.
_Gagasan-gagasan
_Cipto
_menunjukkan
_rasionalitasnya
_yang
_tinggi,
_serta
_analisis
_yang
_tajam
_dengan
_jangkauan
_masa
_depan,
_belum
_mendapat
_tanggapan
_luas.
_Untuk
_membuka
_jalan
_bagi
_timbulnya
_persatuan
_di
_antara
_seluruh
_rakyat
_di
_Hindia
_Belanda
_yang
_mempunyai
_nasib
_sama
_di
_bawah
_kekuasaan
_asing,
_ia
_tidak
_dapat
_dicapai
_dengan
_menganjurkan
_kebangkitan
_kehidupan
_Jawa.
_Sumber
_keterbelakangan
_rakyat
_adalah
_penjajahan
_dan
_feodalisme.
_
Meskipun
_diangkat
_sebagai
_pengurus
_Budi
_Utomo,
_Cipto
_akhirnya
_mengundurkan
_diri
_dari
_Budi
_Utomo
_yang
_dianggap
_tidak
_mewakili
_aspirasinya.
_Sepeninggal
_Cipto
_tidak
_ada
_lagi
_perdebatan
_dalam
_Budi
_Utomo
_akan
_tetapi
_Budi
_Utomo
_kehilangan
_kekuatan
_progesifnya.
_
Setelah
_mengundurkan
_diri
_dari
_Budi
_Utomo,
_Cipto
_membuka
_praktek
_dokter
_di
_Solo.
_Meskipun
_demikian,
_Cipto
_tidak
_meninggalkan
_dunia
_politik
_sama
_sekali.
_Di
_sela-sela
_kesibukkannya
_melayani
_pasiennya,
_Cipto
_mendirikan
_Raden
_Ajeng
_Kartini
_Klub
_yang
_bertujuan
_memperbaiki
_nasib
_rakyat.
_Perhatiannya
_pada
_politik
_semakin
_menjadi-jadi
_setelah
_dia
_bertemu
_dengan
_Douwes
_Dekker
_yang
_tengah
_berpropaganda
_untuk
_mendirikan
_Indische
_Partij.
_Cipto
_melihat
_Douwes
_Dekker
_sebagai
_kawan
_seperjuangan.
_Kerjasama
_dengan
_Douwes
_Dekker
_telah
_memberinya
_kesempatan
_untuk
_melaksanakan
_cita-citanya,
_yakni
_gerakan
_politik
_bagi
_seluruh
_rakyat
_Hindia
_Belanda.
_Bagi
_Cipto
_Indische
_Partij
_merupakan
_upaya
_mulia
_mewakili
_kepentngan-kepentingan
_semua
_penduduk
_Hindia
_Belanda,
_tidak
_memandang
_suku,
_golongan,
_dan
_agama.
_
Pada
_tahun
_1912
_Cipto
_pindah
_dari
_Solo
_ke
_Bandung,
_dengan
_dalih
_agar
_dekat
_dengan
_Douwes
_Dekker.
_Ia
_kemudian
_menjadi
_anggota
_redaksi
_penerbitan
_harian
_de
_Expres
_dan
_majalah
_het
_Tijdschrijft.
_Perkenalan
_antara
_Cipto
_dan
_Douwes
_Dekker
_yang
_sehaluan
_itu
_sebenarnya
_telah
_dijalin
_ketika
_Douwes
_Dekker
_bekerja
_pada
_Bataviaasch
_Nieuwsblad.
_Douwes
_Dekker
_sering
_berhubungan
_dengan
_murid-murid
_Stovia.
_
Pada
_Nopember
_1913,
_Belanda
_memperingati
_100
_tahun
_kemerdekaannya
_dari
_Perancis.
_Peringatan
_tersebut
_dirayakan
_secara
_besar-besaran,
_juga
_di
_Hindia
_Belanda.
_Perayaan
_tersebut
_menurut
_Cipto
_sebagai
_suatu
_penghinaan
_terhadap
_rakyat
_bumi
_putera
_yang
_sedang
_dijajah.
_Cipto
_dan
_Suwardi
_Suryaningrat
_kemudian
_mendirikan
_suatu
_komite
_perayaan
_seratus
_tahun
_kemerdekaan
_Belanda
_dengan
_nama
_Komite
_Bumi
_Putra.
_Dalam
_komite
_tersebut
_Cipto
_dipercaya
_untuk
_menjadi
_ketuanya.
_Komite
_tersebut
_merencanakan
_akan
_mengumpulkan
_uang
_untuk
_mengirim
_telegram
_kepada
_Ratu
_Wihelmina,
_yang
_isinya
_meminta
_agar
_pasal
_pembatasan
_kegiatan
_politik
_dan
_membentuk
_parlemen
_dicabut.
_Komite
_Bumi
_Putra
_juga
_membuat
_selebaran
_yang
_bertujuan
_menyadarkan
_rakyat
_bahwa
_upacara
_perayaan
_kemerdekaan
_Belanda
_dengan
_mengerahkan
_uang
_dan
_tenaga
_rakyat
_merupakan
_suatu
_penghinaan
_bagi
_bumi
_putera.
_
Aksi
_Komite
_Bumi
_Putera
_mencapai
_puncaknya
_pada
_19
_Juli
_1913,
_ketika
_harian
_De
_Express
_menerbitkan
_suatu
_artikel
_Suwardi
_Suryaningrat
_yang
_berjudul
_"Als
_Ik
_Nederlands
_Was"
_(Andaikan
_Saya
_Seorang
_Belanda).
_Pada
_hari
_berikutnya
_dalam
_harian
_De
_Express
_Cipto
_menulis
_artikel
_yang
_mendukung
_Suwardi
_untuk
_memboikot
_perayaan
_kemerdekaan
_Belanda.
_Tulisan
_Cipto
_dan
_Suwardi
_sangat
_memukul
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda,
_pada
_30
_Juli
_1913
_Cipto
_dan
_Suwardi
_dipenjarakan,
_pada
_18
_Agustus
_1913
_keluar
_surat
_keputusan
_untuk
_membuang
_Cipto
_bersama
_Suwardi
_Suryaningrat
_dan
_Douwes
_Dekker
_ke
_Belanda
_karena
_kegiatan
_propaganda
_anti
_Belanda
_dalam
_Komite
_Bumi
_Putera.
_
Selama
_masa
_pembuangan
_di
_Belanda,
_bersama
_Suwardi
_dan
_Douwes
_Dekker,
_Cipto
_tetap
_melancarkan
_aksi
_politiknya
_dengan
_melakukan
_propaganda
_politik
_berdasarkan
_ideologi
_Indische
_Partij.
_Mereka
_menerbitkan
_majalah
_De
_Indier
_yang
_berupaya
_menyadarkan
_masyarakat
_Belanda
_dan
_Indonesia
_yang
_berada
_di
_Belanda
_akan
_situasi
_di
_tanah
_jajahan.
_Majalah
_De
_Indier
_menerbitkan
_artikel
_yang
_menyerang
_kebijaksanaan
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda.
Kehadiran
_tiga
_pemimpin
_tersebut
_di
_Belanda
_ternyata
_telah
_membawa
_pengaruh
_yang
_cukup
_berarti
_terhadap
_organisasi
_mahasiswa
_Indonesia
_di
_Belanda.
_Indische
_Vereeniging,
_pada
_mulanya
_adalah
_perkumpulan
_sosial
_mahasiswa
_Indonesia,
_sebagai
_tempat
_saling
_memberi
_informasi
_tentang
_tanah
_airnya.
_Akan
_tetapi,
_kedatangan
_Cipto,
_Suwardi
_dan
_Douwes
_Dekker
_berdampak
_pada
_konsep-konsep
_baru
_dalam
_gerakan
_organisasi
_ini.
_Konsep
_"Hindia
_bebas
_dari
_Belanda
_dan
_pembentukan
_sebuah
_negara
_Hindia
_yang
_diperintah
_rakyatnya
_sendiri
_mulai
_dicanangkan
_oleh
_Indische
_Vereeniging.
_Pengaruh
_mereka
_semakin
_terasa
_dengan
_diterbitkannya
_jurnal
_Indische
_Vereeniging
_yaitu
_Hindia
_Poetra
_pada
_1916.
_
Oleh
_karena
_alasan
_kesehatan,
_pada
_tahun
_1914
_Cipto
_diperbolehkan
_pulang
_kembali
_ke
_Jawa
_dan
_sejak
_saat
_itu
_dia
_bergabung
_dengan
_Insulinde,
_suatu
_perkumpulan
_yang
_menggantikan
_Indische
_Partij.
_Sejak
_itu,
_Cipto
_menjadi
_anggota
_pengurus
_pusat
_Insulinde
_untuk
_beberapa
_waktu
_dan
_melancarkan
_propaganda
_untuk
_Insulinde,
_terutama
_di
_daerah
_pesisir
_utara
_pulau
_Jawa.
_Selain
_itu,
_propaganda
_Cipto
_untuk
_kepentingan
_Insulinde
_dijalankan
_pula
_melalui
_majalah
_Indsulinde
_yaitu
_Goentoer
_Bergerak,
_kemudian
_surat
_kabar
_berbahasa
_Belanda
_De
_Beweging,
_surat
_kabar
_Madjapahit,
_dan
_surat
_kabar
_Pahlawan.
_Akibat
_propaganda
_Cipto,
_jumlah
_anggota
_Insulinde
_pada
_tahun
_1915
_yang
_semula
_berjumlah
_1.009
_meningkat
_menjadi
_6.000
_orang
_pada
_tahun
_1917.
_Jumlah
_anggota
_Insulinde
_mencapai
_puncaknya
_pada
_Oktober
_1919
_yang
_mencapai
_40.000
_orang.
_Insulinde
_di
_bawah
_pengaruh
_kuat
_Cipto
_menjadi
_partai
_yang
_radikal
_di
_Hindia
_Belanda.
_Pada
_9
_Juni
_1919
_Insulinde
_mengubah
_nama
_menjadi
_Nationaal-Indische
_Partij
_(NIP).
_
Pada
_tahun
_1918
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda
_membentuk
_Volksraad
_(Dewan
_Rakyat).
_Pengangkatan
_anggota
_Volksraad
_dilakukan
_dengan
_dua
_cara.
_Pertama,
_calon-calon
_yang
_dipilih
_melalui
_dewan
_perwakilan
_kota,
_kabupaten
_dan
_propinsi.
_Sedangkan
_cara
_yang
_kedua
_melalui
_pengangkatan
_yang
_dilakukan
_oleh
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda.
_Gubernur
_jenderal
_Van
_Limburg
_Stirum
_mengangkat
_beberapa
_tokoh
_radikal
_dengan
_maksud
_agar
_Volksraad
_dapat
_menampung
_berbagai
_aliran
_sehingga
_sifat
_demokratisnya
_dapat
_ditonjolkan.
_Salah
_seorang
_tokoh
_radikal
_yang
_diangkat
_oleh
_Limburg
_Stirum
_adalah
_Cipto.
_
Bagi
_Cipto
_pembentukan
_Volksraad
_merupakan
_suatu
_kemajuan
_yang
_berarti,
_Cipto
_memanfaatkan
_Volksraad
_sebagai
_tempat
_untuk
_menyatakan
_pemikiran
_dan
_kritik
_kepada
_pemerintah
_mengenai
_masalah
_sosial
_dan
_politik.
_Meskipun
_Volksraad
_dianggap
_Cipto
_sebagai
_suatu
_kemajuan
_dalam
_sistem
_politik,
_namun
_Cipto
_tetap
_menyatakan
_kritiknya
_terhadap
_Volksraad
_yang
_dianggapnya
_sebagai
_lembaga
_untuk
_mempertahankan
_kekuasaan
_penjajah
_dengan
_kedok
_demokrasi.
_
Pada
_25
_Nopember
_1919
_Cipto
_berpidato
_di
_Volksraad,
_yang
_isinya
_mengemukakan
_persoalan
_tentang
_persekongkolan
_Sunan
_dan
_residen
_dalam
_menipu
_rakyat.
_Cipto
_menyatakan
_bahwa
_pinjaman
_12
_gulden
_dari
_sunan
_ternyata
_harus
_dibayar
_rakyat
_dengan
_bekerja
_sedemikian
_lama
_di
_perkebunan
_yang
_apabila
_dikonversi
_dalam
_uang
_ternyata
_menjadi
_28
_gulden.
_
Melihat
_kenyataan
_itu,
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda
_menganggap
_Cipto
_sebagai
_orang
_yang
_sangat
_berbahaya,
_sehingga
_Dewan
_Hindia
_(Raad
_van
_Nederlandsch
_Indie)
_pada
_15
_Oktober
_1920
_memberi
_masukan
_kepada
_Gubernur
_Jenderal
_untuk
_mengusir
_Cipto
_ke
_daerah
_yang
_tidak
_berbahasa
_Jawa.
_Akan
_tetapi,
_pada
_kenyataannya
_pembuangan
_Cipto
_ke
_daerah
_Jawa,
_Madura,
_Aceh,
_Palembang,
_Jambi,
_dan
_Kalimantan
_Timur
_masih
_tetap
_membahayakan
_pemerintah.
_Oleh
_sebab
_itu,
_Dewan
_Hindia
_berdasarkan
_surat
_kepada
_Gubernur
_Jenderal
_mengusulkan
_pengusiran
_Cipto
_ke
_Kepulauan
_Timor.
_Pada
_tahun
_itu
_juga
_Cipto
_dibuang
_dari
_daerah
_yang
_berbahasa
_Jawa
_tetapi
_masih
_di
_pulau
_Jawa,
_yaitu
_ke
_Bandung
_dan
_dilarang
_keluar
_kota
_Bandung.
_Selama
_tinggal
_di
_Bandung,
_Cipto
_kembali
_membuka
_praktek
_dokter.
_Selama
_tiga
_tahun
_Cipto
_mengabdikan
_ilmu
_kedokterannya
_di
_Bandung,
_dengan
_sepedanya
_ia
_masuk
_keluar
_kampung
_untuk
_mengobati
_pasien.
_
Di
_Bandung,
_Cipto
_dapat
_bertemu
_dengan
_kaum
_nasionalis
_yang
_lebih
_muda,
_seperti
_Sukarno
_yang
_pada
_tahun
_1923
_membentuk
_Algemeene
_Studie
_Club.
_Pada
_tahun
_1927
_Algemeene
_Studie
_Club
_diubah
_menjadi
_Partai
_Nasional
_Indonesia
_(PNI).
_Meskipun
_Cipto
_tidak
_menjadi
_anggota
_resmi
_dalam
_Algemeene
_Studie
_Club
_dan
_PNI,
_Cipto
_tetap
_diakui
_sebagai
_penyumbang
_pemikiran
_bagi
_generasi
_muda.
_Misalnya
_Sukarno
_dalam
_suatu
_wawancara
_pers
_pada
_1959,
_ketika
_ditanya
_siapa
_di
_antara
_tokoh-tokoh
_pemimpin
_Indonesia
_yang
_paling
_banyak
_memberikan
_pengaruh
_kepada
_pemikiran
_politiknya,
_tanpa
_ragu-ragu
_Sukarno
_menyebut
_Cipto
_Mangunkusumo.
_
Pada
_akhir
_tahun
_1926
_dan
_tahun
_1927
_di
_beberapa
_tempat
_di
_Indo-nesia
_terjadi
_pemberontakan
_komunis.
_Pemberontakan
_itu
_menemui
_ke-gagalan
_dan
_ribuan
_orang
_ditangkap
_atau
_dibuang
_karena
_terlibat
_di
_dalamnya.
_Dalam
_hal
_ini
_Cipto
_juga
_ditangkap
_dan
_didakwa
_turut
_serta
_dalam
_perlawanan
_terhadap
_pemerintah.
_Hal
_itu
_disebabkan
_suatu
_peristiwa,
_ketika
_pada
_bulan
_Juli
_1927
_Cipto
_kedatangan
_tamu
_seorang
_militer
_pribumi
_yang
_berpangkat
_kopral
_dan
_seorang
_kawannya.
_Kepada
_Cipto
_tamu
_tersebut
_mengatakan
_rencananya
_untuk
_melakukan
_sabotase
_dengan
_meledakkan
_persediaan-persediaan
_mesiu,
_tetapi
_dia
_bermaksud
_mengunjungi
_keluarganya
_di
_Jatinegara,
_Jakarta,
_terlebih
_dahulu.
_Untuk
_itu
_dia
_memerlukan
_uang
_untuk
_biaya
_perjalanan.
_Cipto
_menasehatkan
_agar
_orang
_itu
_tidak
_melakukan
_tindakan
_sabotase,
_dengan
_alasan
_kemanusiaan
_Cipto
_kemudian
_memberikan
_uangnya
_sebesar
_10
_gulden
_kepada
_tamunya.
_
Setelah
_pemberontakan
_komunis
_gagal
_dan
_dibongkarnya
_kasus
_peledakan
_gudang
_mesiu
_di
_Bandung,
_Cipto
_dipanggil
_pemerintah
_untuk
_menghadap
_pengadilan
_karena
_dianggap
_telah
_memberikan
_andil
_dalam
_membantu
_anggota
_komunis
_dengan
_memberi
_uang
_10
_gulden
_dan
_diketemukannya
_nama-nama
_kepala
_pemberontakan
_dalam
_daftar
_tamu
_Cipto.
_Sebagai
_hukumannya
_Cipto
_kemudian
_dibuang
_ke
_Banda
_pada
_tahun
_1928.
_
Dalam
_pembuangan,
_penyakit
_asmanya
_kambuh.
_Beberapa
_kawan
_Cipto
_kemudian
_mengusulkan
_kepada
_pemerintah
_agar
_Cipto
_dibebaskan.
_Ketika
_Cipto
_diminta
_untuk
_menandatangani
_suatu
_perjanjian
_bahwa
_dia
_dapat
_pulang
_ke
_Jawa
_dengan
_melepaskan
_hak
_politiknya,
_Cipto
_secara
_tegas
_mengatakan
_bahwa
_lebih
_baik
_mati
_di
_Banda
_daripada
_melepaskan
_hak
_politiknya.
_Cipto
_kemudian
_dialihkan
_ke
_Makasar,
_dan
_pada
_tahun
_1940
_Cipto
_dipindahkan
_ke
_Sukabumi.
_Kekerasan
_hati
_Cipto
_untuk
_berpolitik
_dibawa
_sampai
_meninggal
_pada
_8
_Maret
_1943.
_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar