Jumat, 13 Desember 2013

Biografi Cipto Mangunkusumo


________________________________________________________________________________ Cipto_Mangunkusumo_dilahirkan_pada_4_Maret_1886_di_desa_Pecagakan_Jepara._Ia_adalah_putera_tertua_dari_Mangunkusumo,_seorang_priyayi_rendahan_dalam_struktur_masyarakat_Jawa._Karir_Mangunkusumo_diawali_sebagai_guru_bahasa_Melayu_di_sebuah_sekolah_dasar_di_Ambarawa,_kemudian_menjadi_kepala_sekolah_pada_sebuah_sekolah_dasar_di_Semarang_dan_selanjutnya_menjadi_pembantu_administrasi_pada_Dewan_Kota_di_Semarang._Sementara,_sang_ibu_adalah_keturunan_dari_tuan_tanah_di_Mayong,_Jepara. Meskipun_keluarganya_tidak_termasuk_golongan_priyayi_birokratis_yang_tinggi_kedudukan_sosialnya,_Mangunkusumo_berhasil_menyekolahkan_anak-anaknya_pada_jenjang_yang_tinggi._Cipto_beserta_adik-adiknya_yaitu_Gunawan,_Budiardjo,_dan_Syamsul_Ma'arif_bersekolah_di_Stovia,_sementara_Darmawan,_adiknya_bahkan_berhasil_memperoleh_beasiswa_dari_pemeintah_Belanda_untuk_mempelajari_ilmu_kimia_industri_di_Universitas_Delf,_Belanda._Si_bungsu,_Sujitno_terdaftar_sebagai_mahasiswa_Sekolah_Tinggi_Hukum_di_Jakarta._ Ketika_menempuh_pendidikan_di_Stovia,_Cipto_mulai_memperlihatkan_sikap_yang_berbeda_dari_teman-temannya._Teman-teman_dan_guru-gurunya_menilai_Cipto_sebagai_pribadi_yang_jujur,_berpikiran_tajam_dan_rajin._"Een_begaald_leerling",_atau_murid_yang_berbakat_adalah_julukan_yang_diberikan_oleh_gurunya_kepada_Cipto._Di_Stovia_Cipto_juga_mengalami_perpecahan_antara_dirinya_dan_lingkungan_sekolahnya._Berbeda_dengan_teman-temannya_yang_suka_pesta_dan_bermain_bola_sodok,_Cipto_lebih_suka_menghadiri_ceramah-ceramah,_baca_buku_dan_bermain_catur._Penampilannya_pada_acara_khusus,_tergolong_eksentrik,_ia_senantiasa_memakai_surjan_dengan_bahan_lurik_dan_merokok_kemenyan._Ketidakpuasan_terhadap_lingkungan_sekelilingnya,_senantiasan_menjadi_topik_pidatonya._Baginya,_Stovia_adalah_tempat_untuk_menemukan_dirinya,_dalam_hal_kebebasan_berpikir,_lepas_dari_tradisi_keluarga_yang_kuat,_dan_berkenalan_dengan_lingkungan_baru_yang_diskriminatif._ Beberapa_Peraturan-peraturan_di_Stovia_menimbulkan_ketidak_puasan_pada_dirnya,_seperti_semua_mahasiswa_Jawa_dan_Sumatra_yang_bukan_Kristen_diharuskan_memakai_pakaian_tadisional_bila_sedang_berada_di_sekolah._Bagi_Cipto,_peraturan_berpakaian_di_Stovia_merupakan_perwujudan_politik_kolonial_yang_arogan_dan_melestarikan_feodalisme._Pakaian_Barat_hanya_boleh_dipakai_dalam_hirarki_administrasi_kolonial,_yaitu_oleh_pribumi_yang_berpangkat_bupati._Masyarakat_pribumi_dari_wedana_ke_bawah_dan_yang_tidak_bekerja_pada_pemerintahan,_dilarang_memakai_pakaian_Barat._Implikasi_dari_kebiasaan_ini,_rakyat_cenderung_untuk_tidak_menghargai_dan_menghormati_masyarakat_pribumi_yang_memakai_pakaian_tradisional._ Keadaan_ini_senantiasa_digambarkannya_melalui_De_Locomotief,_pers_kolonial_yang_sangat_progresif_pada_waktu_itu,_di_samping_Bataviaasch_Nieuwsblad._Sejak_tahun_1907_Cipto_sudah_menulis_di_harian_De_Locomotief._Tulisannya_berisi_kritikan,_dan_menentang_kondisi_keadaan_masyarakat_yang_dianggapnya_tidak_sehat._Cipto_sering_mengkritik_hubungan_feodal_maupun_kolonial_yang_dianggapnya_sebagai_sumber_penderitaan_rakyat._Dalam_sistem_feodal_terjadi_kepincangan-kepincangan_dalam_masyarakat._Rakyat_umumnya_terbatas_ruang_gerak_dan_aktivitasnya,_sebab_banyak_kesempatan_yang_tertutup_bagi_mereka._Keturunanlah_yang_menentukan_nasib_seseorang,_bukan_keahlian_atau_kesanggupan._Seorang_anak_"biasa"_akan_tetap_tinggal_terbelakang_dari_anak_bupati_atau_kaum_ningrat_lainnya._ Kondisi_kolonial_lainnya_yang_ditentang_oleh_Cipto_adalah_diskriminasi_ras._Sebagai_contoh,_orang_Eropa_menerima_gaji_yang_lebih_tinggi_dari_orang_pribumi_untuk_suatu_pekerjaan_yang_sama._Diskriminasi_membawa_perbedaan_dalam_berbagai_bidang_misalnya,_peradilan,_perbedaan_pajak,_kewajiban_kerja_rodi_dan_kerja_desa._Dalam_bidang_pemerintahan,_politik,_ekonomi_dan_sosial,_bangsa_Indonesia_menghadapi_garis_batas_warna._Tidak_semua_jabatan_negeri_terbuka_bagi_bangsa_Indonesia._Demikian_juga_dalam_perdagangan,_bangsa_Indonesia_tidak_mendapat_kesempatan_berdagang_secara_besar-besaran,_tidak_sembarang_anak_Indonesia_dapat_bersekolah_di_sekolah_Eropa,_tidak_ada_orang_Indonesia_yang_berani_masuk_kamar_bola_dan_sociteit._Semua_diukur_berdasarkan_warna_kulit._ Tulisan-tulisannya_di_harian_De_Locomotief,_mengakibatkan_Cipto_sering_mendapat_teguran_dan_peringatan_dari_pemerintah._Untuk_mempertahankan_kebebasan_dalam_berpendapat_Cipto_kemudian_keluar_dari_dinas_pemerintah_dengan_konsekuensi_mengembalikan_sejumlah_uang_ikatan_dinasnya_yang_tidak_sedikit._ Selain_dalam_bentuk_tulisan,_Cipto_juga_sering_melancarkan_protes_dengan_bertingkah_melawan_arus._Misalnya_larangan_memasuki_sociteit_bagi_bangsa_Indonesia_tidak_diindahkannya._Dengan_pakaian_khas_yakni_kain_batik_dan_jas_lurik,_ia_masuk_ke_sebuah_sociteit_yang_penuh_dengan_orang-orang_Eropa._Cipto_kemudian_duduk_dengan_kaki_dijulurkan,_hal_itu_mengundang_kegaduhan_di_sociteit._Ketika_seorang_opas_(penjaga)_mencoba_mengusir_Cipto_untuk_keluar_dari_gedung,_dengan_lantangnya_Cipto_memaki-maki_sang_opas_serta_orang-orang_berada_di_dekatnya_dengan_mempergunakan_bahasa_Belanda._Kewibawaan_Cipto_dan_penggunaan_bahasa_Belandanya_yang_fasih_membuat_orang-orang_Eropa_terperangah._ Terbentuknya_Budi_Utomo_pada_20_Mei_1908_disambut_baik_Cipto_sebagai_bentuk_kesadaran_pribumi_akan_dirinya._Pada_kongres_pertama_Budi_Utomo_di_Yogyakarta,_jatidiri_politik_Cipto_semakin_nampak._Walaupun_kongres_diadakan_untuk_memajukan_perkembangan_yang_serasi_bagi_orang_Jawa,_namun_pada_kenyataannya_terjadi_keretakan_antara_kaum_konservatif_dan_kaum_progesif_yang_diwakili_oleh_golongan_muda._Keretakan_ini_sangat_ironis_mengawali_suatu_perpecahan_ideology_yang_terbuka_bagi_orang_Jawa._ Dalam_kongres_yang_pertama_terjadi_perpecahan_antara_Cipto_dan_Radjiman._Cipto_menginginkan_Budi_Utomo_sebagai_organisasi_politik_yang_harus_bergerak_secara_demokratis_dan_terbuka_bagi_semua_rakyat_Indonesia._Organisasi_ini_harus_menjadi_pimpinan_bagi_rakyat_dan_jangan_mencari_hubungan_dengan_atasan,_bupati_dan_pegawai_tinggi_lainnya._Sedangkan_Radjiman_ingin_menjadikan_Budi_Utomo_sebagai_suatu_gerakan_kebudayaan_yang_bersifat_Jawa._ Cipto_tidak_menolak_kebudayaan_Jawa,_tetapi_yang_ia_tolak_adalah_kebudayaan_keraton_yang_feodalis._Cipto_mengemukakan_bahwa_sebelum_persoalan_kebudayaan_dapat_dipecahan,_terlebih_dahulu_diselesaikan_masalah_politik._Pernyataan-pernyataan_Cipto_bagi_jamannya_dianggap_radikal._Gagasan-gagasan_Cipto_menunjukkan_rasionalitasnya_yang_tinggi,_serta_analisis_yang_tajam_dengan_jangkauan_masa_depan,_belum_mendapat_tanggapan_luas._Untuk_membuka_jalan_bagi_timbulnya_persatuan_di_antara_seluruh_rakyat_di_Hindia_Belanda_yang_mempunyai_nasib_sama_di_bawah_kekuasaan_asing,_ia_tidak_dapat_dicapai_dengan_menganjurkan_kebangkitan_kehidupan_Jawa._Sumber_keterbelakangan_rakyat_adalah_penjajahan_dan_feodalisme._ Meskipun_diangkat_sebagai_pengurus_Budi_Utomo,_Cipto_akhirnya_mengundurkan_diri_dari_Budi_Utomo_yang_dianggap_tidak_mewakili_aspirasinya._Sepeninggal_Cipto_tidak_ada_lagi_perdebatan_dalam_Budi_Utomo_akan_tetapi_Budi_Utomo_kehilangan_kekuatan_progesifnya._ Setelah_mengundurkan_diri_dari_Budi_Utomo,_Cipto_membuka_praktek_dokter_di_Solo._Meskipun_demikian,_Cipto_tidak_meninggalkan_dunia_politik_sama_sekali._Di_sela-sela_kesibukkannya_melayani_pasiennya,_Cipto_mendirikan_Raden_Ajeng_Kartini_Klub_yang_bertujuan_memperbaiki_nasib_rakyat._Perhatiannya_pada_politik_semakin_menjadi-jadi_setelah_dia_bertemu_dengan_Douwes_Dekker_yang_tengah_berpropaganda_untuk_mendirikan_Indische_Partij._Cipto_melihat_Douwes_Dekker_sebagai_kawan_seperjuangan._Kerjasama_dengan_Douwes_Dekker_telah_memberinya_kesempatan_untuk_melaksanakan_cita-citanya,_yakni_gerakan_politik_bagi_seluruh_rakyat_Hindia_Belanda._Bagi_Cipto_Indische_Partij_merupakan_upaya_mulia_mewakili_kepentngan-kepentingan_semua_penduduk_Hindia_Belanda,_tidak_memandang_suku,_golongan,_dan_agama._ Pada_tahun_1912_Cipto_pindah_dari_Solo_ke_Bandung,_dengan_dalih_agar_dekat_dengan_Douwes_Dekker._Ia_kemudian_menjadi_anggota_redaksi_penerbitan_harian_de_Expres_dan_majalah_het_Tijdschrijft._Perkenalan_antara_Cipto_dan_Douwes_Dekker_yang_sehaluan_itu_sebenarnya_telah_dijalin_ketika_Douwes_Dekker_bekerja_pada_Bataviaasch_Nieuwsblad._Douwes_Dekker_sering_berhubungan_dengan_murid-murid_Stovia._ Pada_Nopember_1913,_Belanda_memperingati_100_tahun_kemerdekaannya_dari_Perancis._Peringatan_tersebut_dirayakan_secara_besar-besaran,_juga_di_Hindia_Belanda._Perayaan_tersebut_menurut_Cipto_sebagai_suatu_penghinaan_terhadap_rakyat_bumi_putera_yang_sedang_dijajah._Cipto_dan_Suwardi_Suryaningrat_kemudian_mendirikan_suatu_komite_perayaan_seratus_tahun_kemerdekaan_Belanda_dengan_nama_Komite_Bumi_Putra._Dalam_komite_tersebut_Cipto_dipercaya_untuk_menjadi_ketuanya._Komite_tersebut_merencanakan_akan_mengumpulkan_uang_untuk_mengirim_telegram_kepada_Ratu_Wihelmina,_yang_isinya_meminta_agar_pasal_pembatasan_kegiatan_politik_dan_membentuk_parlemen_dicabut._Komite_Bumi_Putra_juga_membuat_selebaran_yang_bertujuan_menyadarkan_rakyat_bahwa_upacara_perayaan_kemerdekaan_Belanda_dengan_mengerahkan_uang_dan_tenaga_rakyat_merupakan_suatu_penghinaan_bagi_bumi_putera._ Aksi_Komite_Bumi_Putera_mencapai_puncaknya_pada_19_Juli_1913,_ketika_harian_De_Express_menerbitkan_suatu_artikel_Suwardi_Suryaningrat_yang_berjudul_"Als_Ik_Nederlands_Was"_(Andaikan_Saya_Seorang_Belanda)._Pada_hari_berikutnya_dalam_harian_De_Express_Cipto_menulis_artikel_yang_mendukung_Suwardi_untuk_memboikot_perayaan_kemerdekaan_Belanda._Tulisan_Cipto_dan_Suwardi_sangat_memukul_Pemerintah_Hindia_Belanda,_pada_30_Juli_1913_Cipto_dan_Suwardi_dipenjarakan,_pada_18_Agustus_1913_keluar_surat_keputusan_untuk_membuang_Cipto_bersama_Suwardi_Suryaningrat_dan_Douwes_Dekker_ke_Belanda_karena_kegiatan_propaganda_anti_Belanda_dalam_Komite_Bumi_Putera._ Selama_masa_pembuangan_di_Belanda,_bersama_Suwardi_dan_Douwes_Dekker,_Cipto_tetap_melancarkan_aksi_politiknya_dengan_melakukan_propaganda_politik_berdasarkan_ideologi_Indische_Partij._Mereka_menerbitkan_majalah_De_Indier_yang_berupaya_menyadarkan_masyarakat_Belanda_dan_Indonesia_yang_berada_di_Belanda_akan_situasi_di_tanah_jajahan._Majalah_De_Indier_menerbitkan_artikel_yang_menyerang_kebijaksanaan_Pemerintah_Hindia_Belanda. Kehadiran_tiga_pemimpin_tersebut_di_Belanda_ternyata_telah_membawa_pengaruh_yang_cukup_berarti_terhadap_organisasi_mahasiswa_Indonesia_di_Belanda._Indische_Vereeniging,_pada_mulanya_adalah_perkumpulan_sosial_mahasiswa_Indonesia,_sebagai_tempat_saling_memberi_informasi_tentang_tanah_airnya._Akan_tetapi,_kedatangan_Cipto,_Suwardi_dan_Douwes_Dekker_berdampak_pada_konsep-konsep_baru_dalam_gerakan_organisasi_ini._Konsep_"Hindia_bebas_dari_Belanda_dan_pembentukan_sebuah_negara_Hindia_yang_diperintah_rakyatnya_sendiri_mulai_dicanangkan_oleh_Indische_Vereeniging._Pengaruh_mereka_semakin_terasa_dengan_diterbitkannya_jurnal_Indische_Vereeniging_yaitu_Hindia_Poetra_pada_1916._ Oleh_karena_alasan_kesehatan,_pada_tahun_1914_Cipto_diperbolehkan_pulang_kembali_ke_Jawa_dan_sejak_saat_itu_dia_bergabung_dengan_Insulinde,_suatu_perkumpulan_yang_menggantikan_Indische_Partij._Sejak_itu,_Cipto_menjadi_anggota_pengurus_pusat_Insulinde_untuk_beberapa_waktu_dan_melancarkan_propaganda_untuk_Insulinde,_terutama_di_daerah_pesisir_utara_pulau_Jawa._Selain_itu,_propaganda_Cipto_untuk_kepentingan_Insulinde_dijalankan_pula_melalui_majalah_Indsulinde_yaitu_Goentoer_Bergerak,_kemudian_surat_kabar_berbahasa_Belanda_De_Beweging,_surat_kabar_Madjapahit,_dan_surat_kabar_Pahlawan._Akibat_propaganda_Cipto,_jumlah_anggota_Insulinde_pada_tahun_1915_yang_semula_berjumlah_1.009_meningkat_menjadi_6.000_orang_pada_tahun_1917._Jumlah_anggota_Insulinde_mencapai_puncaknya_pada_Oktober_1919_yang_mencapai_40.000_orang._Insulinde_di_bawah_pengaruh_kuat_Cipto_menjadi_partai_yang_radikal_di_Hindia_Belanda._Pada_9_Juni_1919_Insulinde_mengubah_nama_menjadi_Nationaal-Indische_Partij_(NIP)._ Pada_tahun_1918_Pemerintah_Hindia_Belanda_membentuk_Volksraad_(Dewan_Rakyat)._Pengangkatan_anggota_Volksraad_dilakukan_dengan_dua_cara._Pertama,_calon-calon_yang_dipilih_melalui_dewan_perwakilan_kota,_kabupaten_dan_propinsi._Sedangkan_cara_yang_kedua_melalui_pengangkatan_yang_dilakukan_oleh_Pemerintah_Hindia_Belanda._Gubernur_jenderal_Van_Limburg_Stirum_mengangkat_beberapa_tokoh_radikal_dengan_maksud_agar_Volksraad_dapat_menampung_berbagai_aliran_sehingga_sifat_demokratisnya_dapat_ditonjolkan._Salah_seorang_tokoh_radikal_yang_diangkat_oleh_Limburg_Stirum_adalah_Cipto._ Bagi_Cipto_pembentukan_Volksraad_merupakan_suatu_kemajuan_yang_berarti,_Cipto_memanfaatkan_Volksraad_sebagai_tempat_untuk_menyatakan_pemikiran_dan_kritik_kepada_pemerintah_mengenai_masalah_sosial_dan_politik._Meskipun_Volksraad_dianggap_Cipto_sebagai_suatu_kemajuan_dalam_sistem_politik,_namun_Cipto_tetap_menyatakan_kritiknya_terhadap_Volksraad_yang_dianggapnya_sebagai_lembaga_untuk_mempertahankan_kekuasaan_penjajah_dengan_kedok_demokrasi._ Pada_25_Nopember_1919_Cipto_berpidato_di_Volksraad,_yang_isinya_mengemukakan_persoalan_tentang_persekongkolan_Sunan_dan_residen_dalam_menipu_rakyat._Cipto_menyatakan_bahwa_pinjaman_12_gulden_dari_sunan_ternyata_harus_dibayar_rakyat_dengan_bekerja_sedemikian_lama_di_perkebunan_yang_apabila_dikonversi_dalam_uang_ternyata_menjadi_28_gulden._ Melihat_kenyataan_itu,_Pemerintah_Hindia_Belanda_menganggap_Cipto_sebagai_orang_yang_sangat_berbahaya,_sehingga_Dewan_Hindia_(Raad_van_Nederlandsch_Indie)_pada_15_Oktober_1920_memberi_masukan_kepada_Gubernur_Jenderal_untuk_mengusir_Cipto_ke_daerah_yang_tidak_berbahasa_Jawa._Akan_tetapi,_pada_kenyataannya_pembuangan_Cipto_ke_daerah_Jawa,_Madura,_Aceh,_Palembang,_Jambi,_dan_Kalimantan_Timur_masih_tetap_membahayakan_pemerintah._Oleh_sebab_itu,_Dewan_Hindia_berdasarkan_surat_kepada_Gubernur_Jenderal_mengusulkan_pengusiran_Cipto_ke_Kepulauan_Timor._Pada_tahun_itu_juga_Cipto_dibuang_dari_daerah_yang_berbahasa_Jawa_tetapi_masih_di_pulau_Jawa,_yaitu_ke_Bandung_dan_dilarang_keluar_kota_Bandung._Selama_tinggal_di_Bandung,_Cipto_kembali_membuka_praktek_dokter._Selama_tiga_tahun_Cipto_mengabdikan_ilmu_kedokterannya_di_Bandung,_dengan_sepedanya_ia_masuk_keluar_kampung_untuk_mengobati_pasien._ Di_Bandung,_Cipto_dapat_bertemu_dengan_kaum_nasionalis_yang_lebih_muda,_seperti_Sukarno_yang_pada_tahun_1923_membentuk_Algemeene_Studie_Club._Pada_tahun_1927_Algemeene_Studie_Club_diubah_menjadi_Partai_Nasional_Indonesia_(PNI)._Meskipun_Cipto_tidak_menjadi_anggota_resmi_dalam_Algemeene_Studie_Club_dan_PNI,_Cipto_tetap_diakui_sebagai_penyumbang_pemikiran_bagi_generasi_muda._Misalnya_Sukarno_dalam_suatu_wawancara_pers_pada_1959,_ketika_ditanya_siapa_di_antara_tokoh-tokoh_pemimpin_Indonesia_yang_paling_banyak_memberikan_pengaruh_kepada_pemikiran_politiknya,_tanpa_ragu-ragu_Sukarno_menyebut_Cipto_Mangunkusumo._ Pada_akhir_tahun_1926_dan_tahun_1927_di_beberapa_tempat_di_Indo-nesia_terjadi_pemberontakan_komunis._Pemberontakan_itu_menemui_ke-gagalan_dan_ribuan_orang_ditangkap_atau_dibuang_karena_terlibat_di_dalamnya._Dalam_hal_ini_Cipto_juga_ditangkap_dan_didakwa_turut_serta_dalam_perlawanan_terhadap_pemerintah._Hal_itu_disebabkan_suatu_peristiwa,_ketika_pada_bulan_Juli_1927_Cipto_kedatangan_tamu_seorang_militer_pribumi_yang_berpangkat_kopral_dan_seorang_kawannya._Kepada_Cipto_tamu_tersebut_mengatakan_rencananya_untuk_melakukan_sabotase_dengan_meledakkan_persediaan-persediaan_mesiu,_tetapi_dia_bermaksud_mengunjungi_keluarganya_di_Jatinegara,_Jakarta,_terlebih_dahulu._Untuk_itu_dia_memerlukan_uang_untuk_biaya_perjalanan._Cipto_menasehatkan_agar_orang_itu_tidak_melakukan_tindakan_sabotase,_dengan_alasan_kemanusiaan_Cipto_kemudian_memberikan_uangnya_sebesar_10_gulden_kepada_tamunya._ Setelah_pemberontakan_komunis_gagal_dan_dibongkarnya_kasus_peledakan_gudang_mesiu_di_Bandung,_Cipto_dipanggil_pemerintah_untuk_menghadap_pengadilan_karena_dianggap_telah_memberikan_andil_dalam_membantu_anggota_komunis_dengan_memberi_uang_10_gulden_dan_diketemukannya_nama-nama_kepala_pemberontakan_dalam_daftar_tamu_Cipto._Sebagai_hukumannya_Cipto_kemudian_dibuang_ke_Banda_pada_tahun_1928._ Dalam_pembuangan,_penyakit_asmanya_kambuh._Beberapa_kawan_Cipto_kemudian_mengusulkan_kepada_pemerintah_agar_Cipto_dibebaskan._Ketika_Cipto_diminta_untuk_menandatangani_suatu_perjanjian_bahwa_dia_dapat_pulang_ke_Jawa_dengan_melepaskan_hak_politiknya,_Cipto_secara_tegas_mengatakan_bahwa_lebih_baik_mati_di_Banda_daripada_melepaskan_hak_politiknya._Cipto_kemudian_dialihkan_ke_Makasar,_dan_pada_tahun_1940_Cipto_dipindahkan_ke_Sukabumi._Kekerasan_hati_Cipto_untuk_berpolitik_dibawa_sampai_meninggal_pada_8_Maret_1943._

Tidak ada komentar:

Posting Komentar