KH. Ahmad Rifa’i & KH. Ahmad Dahlan Dua Sosok “Reformis” Yang Berbeda
________________________________________________________________________________
ULAMA
_sejatinya
_berfungsi
_sebagai
_panutan
_masyarakat.
_Memberikan
_pemahaman
_yang
_benar
_tentang
_ajaran
_agama
_sebagaimana
_yang
_sudah
_diajarkan
_oleh
_Rasulullah
_SAW
_kepada
_masyarakat
_muslim
_sebelumnya.
_Ulama
_dituntut
_untuk
_bisa
_memberikan
_rujukan
_yang
_otentik
_tentang
_ajaran
_agama
_Islam
_atas
_problematika
_kehidupan
_masyarakat
_muslim
_yang
_tak
_pernah
_surut.Dalam
_wilayah
_ini
_ulama
_berperan
_sebagai
_pewaris
_ajaran
_Nabi.
_Sebagaimana
_hadits
_Nabi
_SAW
_yang
_diriwayatkan
_oleh
_Imam
_Khathib
_melalui
_Jabir,
_Rasul
_Saw
_bersabda:
_"Muliakanlah
_oleh
_kalian
_para
_ulama,
_karena
_mereka
_adalah
_pewaris
_para
_nabi;
_barangsiapa
_memuliakan
_mereka
_berarti
_ia
_memuliakan
_Allah
_dan
_Rasul-Nya."
_
Dalam
_hadits
_lain
_yang
_cukup
_panjang
_dijelaskan
_pula
_bahwa
_ulama
_adalah
_orang-orang
_yang
_terpilih
_diantara
_sekian
_banyaknya
_manusia,
_"Orang-orang
_yang
_terpilih
_dari
_umatku
_adalah
_para
_ulama
_dan
_para
_ulama
_yang
_terpilih
_adalah
_orang-orang
_yang
_paling
_belas
_kasihan.
_Ingatlah,
_sesungguhnya
_Allah
_SWT,
_benar-benar
_memberi
_ampunan
_kepada
_orang
_alim
_sebanyak
_empat
_puluh
_macam
_dosa,
_sebelum
_Dia
_memberi
_ampunan
_satu
_macam
_dosa
_terhadap
_orang
_yang
_jahil
_(tidak
_mengerti
_agama),
_ingatlah,
_sesungguhnya
_orang
_alim
_yang
_belas
_kasihan
_itu
_kelak
_di
_hari
_kiamat
_ia
_datang
_dalam
_keadaan
_bercahaya,
_dan
_sesungguhnya
_cahaya
_orang
_alim
_itu
_selalu
_menerangi
_jalan
_yang
_ditempuhnya
_sejauh
_antara
_arah
_timur
_dan
_arah
_barat,
_cahayanya
_itu
_seakan-akan
_bintang
_yang
_kemilau
_cahayanya."
_(HR.
_Al-Qudha'i
_melalui
_Ibnu
_Umar
_r.a.)
Hadits
_ini
_menjelaskan
_bahwa
_ulama
_adalah
_sebaik-baik
_manusia
_setelah
_Nabi.
_Mereka
_adalah
_pewaris
_sekaligus
_penerus
_ajaran
_Nabi.
_Kemilau
_cahaya
_Ilahi
_dalam
_perangai
_mereka,
_mampu
_menerangi
_dunia
_yang
_gelap
_-antara
_timur
_dan
_barat-
_dari
_cahaya
_kemuliaan
_agama.
_Begitu
_luasnya
_pengaruh
_kemuliaan
_ulama,
_sampai-sampai
_Allah
_SWT
_mengabadikannya
_di
_dalam
_Al-Qur'an,
_"Dan
_demikian
_(pula)
_diantara
_manusia,
_binatang-binatang
_melata
_dan
_binatang-binatang
_ternak
_ada
_yang
_bermacam-macam
_warnanya
_(dan
_jenisnya).
_Sesungguhnya
_yang
_takut
_kepada
_Allah
_diantara
_hamba-hamba-Nya,
_hanyalah
_ulama.
_Sesungguhnya
_Allah
_Maha
_Perkasa
_lagi
_Maha
_Pengampun."
_(Q.S.
_Fathir
_[35]:
_28)
Pantas
_saja,
_kehidupan
_para
_ulama
_dahulu
_yang
_memperjuangkan
_integritas
_ajaran
_Islam
_selalu
_dirundung
_oleh
_berbagai
_macam
_tudingan,
_ancaman,
_serta
_hukuman
_yang
_sangat
_berat
_dari
_musuh
_Islam
_yang
_benci
_kepada
_pergerakan
_dakwah
_mereka.
_Hal
_itu
_tidak
_lekas
_menyurutkan
_pergerakan
_dakwah
_mereka.
_Mereka
_(para
_mujahid)
_lebih
_gencar
_lagi
_mendakwahkan
_Islam
_sebagai
_sebuah
_agama
_rahmatan
_lil'alamin.
_Berikut
_adalah
_profile
_dua
_tokoh
_pejuang
_Islam
_yang
_sama-sama
_memperjuangkan
_identitas
_Islam
_atas
_dasar
_Al-Qur'an
_dan
_as-Sunnah.
_Akan
_tetapi,
_terdapat
_perbedaan
_yang
_cukup
_kontras
_diantara
_keduanya,
_yakni
_sikap
_terhadap
_Kolonial
_Belanda.
_
Ahmad
_Rifa'i,
_Ulama
_Sekaligus
_Pahlawan
_Nasional
Ia
_adalah
_ulama
_besar
_ahli
_Tarekat.
_Ia
_sangat
_gigih
_melawan
_kolonialisme
_Belanda
_ketika
_menancapkan
_pengaruhnya
_di
_Nusantara.
_Oleh
_karena
_itu,
_Presiden
_Susilo
_Bambang
_Yudoyono
_memberikan
_gelar
_kehormatan
_sebagai
_Pahlawan
_Nasional,
_melalui
_Kepres
_Nomor:
_089/TK/2004.
_Selain
_itu,
_Kyai
_Rifa'i
_juga
_dikenal
_sebagai
_sosok
_pemimpin
_rakyat
_yang
_tegas,
_ulet
_dan
_teguh
_dalam
_pendirian.
_Sehingga,
_DR.
_Karel
_Steenbring
_dalam
_salah
_satu
_tulisannya,
_menyebut
_Kyai
_Rifa'i
_sebagai
_reformis
_fundamentalis
_sejati.
_Kekuatan
_tokoh
_ini
_menurut
_beliau,
_terletak
_pada
_prinsip
_dan
_semangat
_juangnya,
_yakni
_tekad
_untuk
_mengembalikan
_Islam
_pada
_Al-Qur'an
_dan
_Sunnah.
_Ahmad
_Rifa'i
_dilahirkan
_di
_Desa
_Tempuran,
_Kabupaten
_Semarang
_pada
_hari
_Kamis
_tanggal
_9
_Muharram
_tahun
_1200
_Hijriah
_bertepatan
_dengan
_tahun
_1786
_Masehi
_(dalam
_versi
_lain
_1785).
_Ayahnya
_bernama
_Muhammad
_Marhum
_bin
_Abi
_Sujak
_Wijaya,
_seorang
_penghulu
_di
_Kendal,
_Jawa
_Tengah.
_Ibunya
_bernama
_Siti
_Rohmah.
Ahmad
_Rifa'i
_merupakan
_anak
_bungsu
_dari
_delapan
_bersaudara.
_Mungkin
_sudah
_menjadi
_ketentuan
_dari
_Allah
_bahwa
_dalam
_sejarahnya
_seorang
_calon
_mujahid
_yang
_tangguh
_akan
_mengalami
_cobaan
_yang
_bertubi-tubi.
_Begitu
_pula
_dengan
_Ahmad
_Rifa'i.
_Beliau
_ditinggal
_pergi
_oleh
_ayahanda
_tercinta
_untuk
_selama-lamanya.
_Pada
_waktu
_itu
_ia
_masih
_berusia
_enam
_tahun.
_Inilah
_awal
_cobaan
_yang
_diterima
_oleh
_Ahmad
_Rifa'i
_dari
_Allah
_Swt
_sebelum
_cobaan
_lain
_yang
_lebih
_besar
_menimpa
_dirinya.
_Setelah
_kepergian
_ayahnya,
_Ahmad
_Rifa'i
_diasuh
_oleh
_kakaknya,
_Nyai
_Rajiyah
_binti
_Muhammad,
_yang
_merupakan
_istri
_dari
_ulama
_pendiri
_dan
_pengasuh
_Pesantren
_Kaliwungu,
_KH.
_Asy'ari.
_Maka,
_dimulailah
_perjuangan
_Ahmad
_Rifa'i
_dalam
_menebarkan
_pesan-pesan
_ajaran
_agama
_Islam
_kepada
_masyarakat
_luas.
Ia
_berjuang
_dan
_menyebarkan
_Islam
_dengan
_gigih
_dan
_tak
_kenal
_menyerah.
_Relasi
_ia
_kumpulkan
_agar
_lebih
_mudah
_dalam
_menyebarkan
_pesan-pesan
_agama
_bagi
_masyarakat
_luas.
_Perjalanan
_hidup
_Kyai
_Rifa'i
_amatlah
_panjang
_dan
_berliku.
_Ketika
_masih
_kecil,
_ia
_mulai
_berdakwah
_dengan
_melakukan
_tabligh
_keliling
_di
_daerah
_Kendal
_dan
_sekitarnya.
_Disamping
_menyampaikan
_masalah
_tentang
_keagamaan,
_Rifa'i
_juga
_menyampaikan
_masalah-masalah
_sosial
_yang
_terjadi
_di
_masyarakat,
_terutama
_masalah
_tentang
_arti
_kemerdekaan
_dan
_perjuangan
_melawan
_kolonial.
_Bentuk
_dakwah
_seperti
_ini
_lah
_yang
_menjadi
_cikal
_bakal
_diasingkannya
_KH
_Ahmad
_Rifa'i
_beserta
_para
_ulama
_lainnya
_oleh
_pemerintah
_kolonial
_ke
_daerah
_Ambon,
_dan
_selanjutnya
_ke
_Manado.
_Namun,
_berkat
_kegigihan
_dan
_girah
_yang
_tinggi
_tak
_lekas
_menyurutkan
_semangat
_juang
_Kiayi
_Rifa'i
_beserta
_pengikutnya
_untuk
_terus
_mendakwahkan
_ajaran
_Islam.
_Kyai
_Rifa'i
_tetap
_konsisten
_dalam
_menyebarkan
_ajaran
_Islam.
_Bahkan,
_ketika
_ia
_diasingkan
_oleh
_kolonial,
_bukannya
_surut,
_pergerakannya
_malah
_semakin
_membuat
_pihak
_kolonial
_takut.
Pada
_tahun
_1838,
_ia
_dibuang
_ke
_kalisalak,
_sebuah
_desa
_terpencil
_di
_Kecamatan
_Limpung,
_Batang,
_namun
_mujahid
_yang
_tak
_pernah
_patah
_arang
_ini
_pada
_tahun
_1841
_justru
_membangun
_sebuah
_Pesantren
_Al-Qur'an
_di
_kawasan
_Hutan
_Belantara
_itu.
_Pesantren
_baru
_ini
_berkembang
_pesat,
_lama
_kelamaan
_santrinya
_berdatangan
_dari
_berbagai
_penjuru
_pulau
_jawa.
_Tapi
_gara-gara
_aktivitasnya
_itulah
_pemerintah
_Belanda
_lagi-lagi
_gerah.
_Apalagi
_karena
_Kyai
_Rifai
_tetap
_saja
_menggembleng
_para
_patriot
_desa
_dengan
_semangat
_anti
_penjajah
_yang
_kafir.
_Dalam
_mengompori
_gerakannya,
_Kyai
_Rifa'i
_tampil
_menentang
_penjajah
_dengan
_Gerakan
_Tarajumah.
_Gerakan
_ini
_lebih
_menekankan
_pada
_aspek
_keagamaan
_dengan
_budaya
_masyarakat
_lokal.
_Ia
_membuka
_kesadaran
_masyarakat
_untuk
_menjadikan
_Islam
_sebagai
_roh
_kehidupan
_dan
_perjuangan.
Kata
_Tarajumah,
_dialek
_Sunda
_untuk
_kata
_Tarjamah
_dari
_bahasa
_Arab,
_diambil
_dari
_kitab
_agama
_karangannya
_yang
_ia
_susun
_di
_sela-sela
_mengajar.
_Selain
_Tarajumah,
_Kyai
_Rifa'i
_berhasil
_menyusun
_Kitab
_Nazam
_Wikayah.
_Kitab
_ini
_berisi
_anjuran
_kepada
_kaum
_muslim
_Jawa
_untuk
_menentang
_dan
_melawan
_orang
_kafir
_Belanda
_serta
_mereka
_yang
_bersekutu
_dengannya.
_Slamete
_dunya
_akherat
_wajib
_kinira
_nglawan
_raja
_kafir
_sekuasane
_kafikira
_tur
_perang
_sabil
_lewih
_kadene
_ukara
_kacukupan
_tan
_kanti
_akeh
_bala
_kuncara
_(Keselamatan
_dunia-akherat
_wajib
_diperhitungkan
_melawan
_raja
_kafir
_sekemampuannya
_perlu
_dipikirkan‟
_demikian
_juga
_perang
_sabil
_lebih
_dari
_pada
_ucapan
_cukup
_tidak
_menggunakan
_pasukan
_yang
_besar)
_Selain
_doktrin
_kepada
_pemerintah
_kolonial
_Belanda,
_K.H.
_Ahmad
_Rifa'i
_juga
_mengajarkan
_doktrin
_protesnya
_terhadap
_birokrat
_feodal
_tradisional
_yang
_menjadi
_kaki
_tangan
_Belanda.
_Merekalah
_musuh
_yang
_paling
_berbahaya
_bagi
_pergerakan
_dakwah
_Kyai
_Rifa'i
_beserta
_para
_pengikutnya.
Doktrin
_ini
_terlihat
_dalam
_Kitab
_Tarqhib.
_Tanbihun,
_tinemu
_negara
_Jawi
_rajane
_kufur
_Iku
_amar
_naha
_ora
_gugur
_Saben
_mukalaf
_ghalib
_ana
_kuasa
_milahur
_Uga
_bisa
_ghalib
_derajate
_luwih
_luhur
_Tinemu
_alim
_fasiq
_ngilmune
_ketanggungan
_Ningali
_ing
_negara
_Jawi
_dhalim
_rajane
_kinaweruhan
_Iku
_aweh
_pitutur
_tinemu
_linakonan
_Wajib
_amar
_naha
_sabab
_akeh
_kamaksiatan
_(Ingatlah!
_Sekarang
_didapati
_penjajah
_sudah
_menguasai
_negara
_Jawa
_Berjuang
_mencegah
_selalu
_diharapkan
_Tiap-tiap
_rakyat
_dewasa
_kalau
_mampu
_melaksanakan
_Kalau
_memang
_benar-benar
_mampu
_mencegahnya
_akan
_memperoleh
_kemulyaan
_Kamudian,
_kalau
_didapati
_ada
_alim
_penghianat
_yang
_ilmunya
_diragukan
_Otomatis
_mereka
_melihat
_Jawa
_jelas
_dikuasi
_penjajah
_dan
_menindas
_rakyat
_Sikapnya
_mestinya
_harus
_memberi
_penjelasan
_ke
_arah
_yang
_baik
_untuk
_dilaksanakan
_Sebab
_wajib
_bagi
_mereka
_mencegah
_kalau
_sudah
_terjadi
_wabah
_kemaksiatan).
_Dalam
_serangkaian
_tulisannya,
_Kyai
_Rifa'i
_selalu
_menyebut
_Belanda
_sebagai
_penjajah
_kafir,
_dan
_siapapun
_yang
_berkolaborasi
_dengan
_Belanda,
_maka
_hukumnya
_juga
_Kafir,
_dan
_halal
_untuk
_diperangi.
Pandangan
_seperti
_itu,
_akhirnya
_menjadi
_fatwa
_yang
_tersebar
_luas
_di
_kalangan
_masyarakat
_Kalisalak
_dan
_sekitarnya.
_Sehingga
_membuat
_Belanda
_sangat
_marah
_dan
_mengejeknya
_dengan
_julukan
_"Setan
_Kalisalak".
_Bahkan
_atas
_suruhan
_Belanda
_pula,
_sejumlah
_ulama
_yang
_pro
_Belanda
_sempat
_menggelarinya
_sebagai
_"Ulama
_Sesat".
_Karena
_sikapnya
_yang
_begitu
_keras
_memerangi
_Belanda,
_mengakibatkan
_ia
_harus
_mendapat
_kecaman,
_bahkan
_ancaman
_serius
_dari
_pemerintah
_Belanda,
_maupun
_ulama
_yang
_bersebrangan
_dengannya.
_Akhirnya
_larangan
_berdakwah
_pun
_dikeluarkan,
_tapi
_ia
_tetap
_jalan
_terus,
_bahkab
_semakin
_gencar.
_KH.
_Ahmad
_Rifa'i
_adalah
_ulama
_sekaligus
_mujahid,
_pejuang
_Islam,
_ia
_dicintai
_dan
_sangat
_dekat
_dengan
_rakyat,
_terutama
_karena
_ia
_mampu
_mengajar
_agama
_dengan
_bahasa
_lokal
_Jawa,
_campur
_Sunda,
_sebagai
_bahasa
_perantara.
_Ia
_menulis
_puluhan
_kitab
_Agama
_dalam
_bahasa
_Jawa
_dengan
_menggunakan
_huruf
_Pegon,
_huruf
_Arab
_berbahasa
_Jawa.
_Tak
_kurang
_dari
_55
_judul
_kitabnya,
_kini
_masih
_dibaca
_oleh
_para
_pengikutnya.
_Kyai
_Rifa'i
_menyebut
_kitab-kitab
_dalam
_bahasa
_Jawa
_itu
_sebagai
_Tarajumah,
_yang
_berarti
_Terjemahan.
_Hingga
_saat
_ini
_masih
_ada
_beberapa
_murid
_Kyai
_Rifa'i
_yang
_melanjutkan
_dakwah
_dan
_perjuangannya.
_Antara
_lain,
_Abdul
_Aziz
_(Wonosobo)
_Ishak
_(Kendal),
_Imam
_Puro
_(Batang)
_Abu
_Salim
_(Pekalongan)
_dan
_masih
_banyak
_lagi.
_Para
_pengikut
_Kyai
_ini
_membentuk
_sebuah
_organisasi
_yang
_bernama
_Rifa'iyah,
_berpusat
_di
_Kedungwuni,
_Pekalongan,
_Jawa
_Tengah.
_KH.
_Ahmad
_Rifa'i
_berpulang
_ke
_Rahmatullah
_pada
_tahun
_1870
_(pada
_umur
_84
_tahun)
_sewaktu
_diasingkan
_oleh
_Kolonial
_Belanda
_di
_Kampung
_Jawa
_Tondano,
_Manado,
_dan
_dimakamkan
_di
_Taman
_Makam
_Pahlawan
_Kyai
_Mojo.
_Semoga
_semangat
_perjuangan
_dakwah
_beliau
_yang
_sangat
_tinggi
_bisa
_kita
_miliki
_dalam
_menjalankan
_kewajiban
_kita
_sebagai
_seorang
_muslim.
_Serta
_semoga
_ia
_mendapat
_tempat
_yang
_layak
_di
_sisi-Nya.
Ahmad
_Dahlan,
_Menentang
_Tradisi
_Lokal
Ahmad
_Dahlan
_adalah
_salah
_satu
_ulama
_besar
_di
_zamannya
_yang
_berani
_dengan
_keras
_menentang
_kebijakan
_Kolonial
_Belanda
_atas
_sistem
_kastaisasi
_pendidikan
_untuk
_kaum
_bumi
_putera.
_Ia
_lahir
_di
_Yogyakarta
_pada
_1
_Agustus
_1868
_dengan
_nama
_kecil
_Muhammad
_Darwis.
_Adapaun
_nama
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_pemberian
_gurunya
_sewaktu
_belajar
_di
_Kota
_Mekah.
Ahmad
_Dahlan
_adalah
_putera
_keempat
_dari
_tujuh
_bersaudara
_(lima
_saudaranya
_perempuan
_dan
_dua
_lelaki
_yakni
_ia
_sendiri
_dan
_adik
_bungsunya)
_dari
_pasangan
_dari
_K.H.
_Abu
_Bakar
_(seorang
_ulama
_dan
_khatib
_terkemuka
_di
_Masjid
_Besar
_Kasultanan
_Yogyakarta
_pada
_masa
_itu)
_dengan
_Nyai
_Abu
_Bakar
_(puteri
_dari
_H.
_Ibrahim
_yang
_juga
_menjabat
_penghulu
_Kasultanan
_Yogyakarta
_pada
_masa
_itu).
_Jadi,
_secara
_genealogis
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_keturunan
_darah
_biru
_dari
_Kasultanan
_Yogyakarta.
_Jika
_ditelusuri
_lebih
_jauh
_dalam
_silsilah
_keluarga,
_Ahmad
_Dahlan
_termasuk
_keturunan
_yang
_kedua
_belas
_dari
_Maulana
_Malik
_Ibrahim,
_seorang
_wali
_besar
_diantara
_Wali
_Songo.
Silsilahnya
_lengkapnya
_ialah
_Muhammad
_Darwis
_(Ahmad
_Dahlan)
_bin
_KH.
_Abu
_Bakar
_bin
_KH.
_Muhammad
_Sulaiman
_bin
_Kyai
_Murtadla
_bin
_Kyai
_Ilyas
_bin
_Demang
_Djurung
_Djuru
_Kapindo
_bin
_Demang
_Djurung
_Djuru
_Sapisan
_bin
_Maulana
_Sulaiman
_Ki
_Ageng
_Gribig
_(Djatinom)
_bin
_Maulana
_Muhammad
_Fadlul'llah
_(Prapen)
_bin
_Maulana
_'Ainul
_Yaqin
_bin
_Maulana
_Ishaq
_bin
_Maulana
_Malik
_Ibrahim.
_Wajar
_saja
_jika
_pergerakan
_dakwah
_Ahmad
_Dahlan
_bersikap
_ideologis
_dan
_keras
_menentang
_kolonialisme
_Belanda
_di
_Nusantara.
_Keluasan
_ilmu
_Ahmad
_Dahlan
_di
_kemudian
_hari
_berawal
_dari
_pendidikan
_keluarga
_yang
_sangat
_mengutamakan
_pendidikan
_agama.
_Ia
_dididik
_oleh
_keluarganya
_melalui
_metode
_pendidikan
_nabawi
_dengan
_hidup
_di
_lingkungan
_pesantren.
_Sehingga
_wajar,
_Dahlan
_kecil
_memiliki
_pemikiran
_berbeda
_dari
_kebanyakan
_remaja
_seusianya
_pada
_waktu
_itu
_yang
_lebih
_sibuk
_dengan
_agenda
_hura-hura.
_Dahlan
_kecil
_lebih
_berfikir
_ke
_depan
_tentang
_realitas
_keagamaan
_masyarakat
_sekitar
_yang
_banyak
_mengusik
_naluri
_pembaharuannya
_di
_masa
_depan.
_Tak
_ayal,
_ketika
_usia
_15
_tahun
_ia
_memutuskan
_untuk
_pergi
_haji
_dan
_belajar
_agama
_Islam
_lebih
_dalam
_di
_Kota
_Mekah.
_Ketika
_berada
_di
_Mekah,
_Ahmad
_Dahlan
_semakin
_intens
_berinteraksi
_dengan
_pemikiran-pemikiran
_pembaharu
_dalam
_dunia
_Islam,
_seperti
_Muhammad
_Abduh,
_Jamaluddin
_al-Afghani,
_Rasyid
_Ridha,
_dan
_Ibn
_Taimiyah.
Interaksi
_ini
_sangat
_berpengaruh
_pada
_semangat,
_jiwa
_dan
_pemikiran
_Dahlan
_ketika
_pulang
_ke
_Indonesia.
_Setelah
_lima
_tahun
_belajar
_di
_Mekah,
_tepatnya
_pada
_tahun
_1888,
_saat
_berusia
_20
_tahun,
_Dahlan
_kembali
_ke
_kampungnya.
_Lalu,
_ia
_pun
_diangkat
_menjadi
_khatib
_amin
_di
_lingkungan
_Kesultanan
_Yogyakarta.
_Pada
_tahun
_1902,
_ia
_menunaikan
_ibadah
_haji
_untuk
_kedua
_kalinya,
_sekaligus
_dilanjutkan
_dengan
_memperdalam
_ilmu
_agama
_kepada
_beberapa
_guru
_di
_Mekah
_hingga
_tahun
_1904.
_Pada
_masa
_ini,
_ia
_sempat
_berguru
_kepada
_Syekh
_Ahmad
_Khatib,
_pembaharu
_dari
_Minangkabau
_yang
_juga
_guru
_dari
_pendiri
_organisasi
_NU,
_KH.
_Hasyim
_Asyari.
_Sepulang
_dari
_Mekah,
_ia
_menikah
_dengan
_Siti
_Walidah,
_sepupunya
_sendiri,
_anak
_Kyai
_Penghulu
_Haji
_Fadhil.
_Siti
_Walidah,
_kemudian
_lebih
_dikenal
_dengan
_nama
_Nyai
_Ahmad
_Dahlan,
_seorang
_Pahlawanan
_Nasional
_dan
_pendiri
_Aisyiyah
_(salah
_satu
_organisasi
_intern
_Muhammadiyah).
Pasangan
_ini
_mendapat
_enam
_orang
_anak
_yaitu
_Djohanah,
_Siradj
_Dahlan,
_Siti
_Busyro,
_Irfan
_Dahlan,
_Siti
_Aisyah,
_dan
_Siti
_Zaharah.
_Di
_samping
_itu,
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_pernah
_pula
_menikahi
_Nyai
_Abdullah.
_Ia
_juga
_pernah
_menikahi
_Nyai
_Rum,
_adik
_Kyai
_Munawwir
_Krapyak.
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_juga
_mempunyai
_putera
_dari
_perkawinannya
_dengan
_Ibu
_Nyai
_Aisyah
_(adik
_Adjengan
_Penghulu)
_Cianjur
_yang
_bernama
_Dandanah.
_Beliau
_pernah
_pula
_menikah
_dengan
_Nyai
_Yasin
_Pakualaman
_dari
_Yogyakarta.
_Perjalanan
_spiritual
_Ahmad
_Dahlan
_dalam
_memahami
_Islam
_cukuplah
_panjang
_dan
_berliku.
_Berguru
_ke
_berbagai
_tempat,
_serta
_mendapatkan
_banyak
_pemahaman
_tentang
_agama
_Islam.
Hal
_terpenting
_dari
_perjalanan
_spiritual
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_ketika
_ia
_berhasil
_mengubah
_paradigma
_masyarakat
_kampungnya
_yang
_bersifat
_ortodok
_menjadi
_lebih
_modern.
_Menurutnya,
_ortodok
_mengakibatkan
_kejumudan
_berfikir,
_stagnasi
_pemikiran
_yang
_semakin
_menurunkan
_aspek
_nalar
_intelektual.
_Hal
_ini
_menjadi
_nilai
_tambah
_bagi
_Kolonial
_Belanda
_yang
_sedang
_menancapkan
_faham
_kolonialismenya
_di
_Indonesia
_dan
_menjadi
_nilai
_kurang
_bagi
_bangsa
_dan
_negara
_Indonesia
_sendiri.
_Karena
_perilaku
_keagamaannya
_berlainan
_dengan
_kebiasaan
_masyarakat
_sekitar
_-seperti
_menjauhi
_tradisi
_sesajenan,
_mengubah
_arah
_kiblat-
_ia
_sempat
_digelari
_oleh
_masyarakat
_dengan
_sebutan
_"Kyai
_Kafir."
_Hal
_terberat
_dalam
_perjalanan
_dakwah
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_ketika
_langgar
_tempat
_mengajinya
_dirobohkan
_oleh
_masyarakat
_sekitar
_karena
_mendapat
_hasutan
_dari
_kyai
_yang
_bersebrangan
_dengan
_idealismenya
_dalam
_menentang
_praktek
_keagamaan
_yang
_ortodok.
Perjuangan
_Ahmad
_Dahlan
_dalam
_memurnikan
_ajaran
_Islam
_dari
_unsur
_tradisi
_lokal
_yang
_puritan,
_banyak
_didorong
_oleh
_sang
_istri
_Siti
_Walidah,
_serta
_murid-murid
_setianya.
_Sempat
_beliau
_berputus
_asa
_ketika
_dakwah
_Islamiyahnya
_terganjal
_oleh
_hasutan
_Kyai
_pro
_Belanda.
_Namun,
_atas
_kebesaran
_hati
_Ahmad
_Dahlan
_serta
_dorongan
_kuat
_dari
_keluarga,
_terutama
_sang
_istri,
_akhirnya
_Ahmad
_Dahlan
_kembali
_membangun
_semangat
_untuk
_memurnikan
_niatnya
_dalam
_mendakwahkan
_ajaran
_Islam.
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_pendiri
_organisasi
_besar
_Muhammadiyah
_yang
_berpusat
_di
_Yogyakarta.
_Beliau
_mendirikan
_Muhammadiyah
_pada
_tanggal
_18
_Noember
_1912
_Masehi
_bertepatan
_dengan
_8
_Dzulhijjah
_1330
_Hijriah.
_Dalam
_website
_resmi
_PP
_Muhammadiyah,
_dijelaskan
_bahwa
_kata
_"Muhammadiyah"
_secara
_bahasa
_berarti
_"pengikut
_Nabi
_Muhammad".
Penggunaan
_kata
_"Muhammadiyah"
_dimaksudkan
_untuk
_menisbahkan
_(menghubungkan)
_dengan
_ajaran
_dan
_jejak
_perjuangan
_Nabi
_Muhammad.
_Penisbatan
_nama
_tersebut
_menurut
_H.
_Djarnawi
_Hadikusuma
_mengandung
_pengertian
_sebagai
_berikut:
_"Dengan
_nama
_itu
_dia
_bermaksud
_untuk
_menjelaskan
_bahwa
_pendukung
_organisasi
_itu
_ialah
_umat
_Muhammad,
_dan
_asasnya
_adalah
_ajaran
_Nabi
_Muhammad
_saw,
_yaitu
_Islam.
_Dan
_tujuannya
_ialah
_memahami
_dan
_melaksanakan
_agama
_Islam
_sebagai
_yang
_memang
_ajaran
_yang
_serta
_dicontohkan
_oleh
_Nabi
_Muhammad
_saw,
_agar
_supaya
_dapat
_menjalani
_kehidupan
_dunia
_sepanjang
_kemauan
_agama
_Islam.
_Dengan
_demikian
_ajaran
_Islam
_yang
_suci
_dan
_benar
_itu
_dapat
_memberi
_nafas
_bagi
_kemajuan
_umat
_Islam
_dan
_bangsa
_Indonesia
_pada
_umumnya."
_Pada
_masa
_kepemimpinan
_Ahmad
_Dahlan
_(1912-1923),
_pengaruh
_Muhammadiyah
_terbatas
_hanya
_di
_karesidenan-karesidenan,
_seperti:
_Yogyakarta,
_Surakarta,
_Pekalongan,
_dan
_Pekajangan.
Pada
_tahun
_1925,
_Abdul
_Karim
_Amrullah
_membawa
_Muhammadiyah
_ke
_Sumatera
_Barat
_dengan
_membuka
_cabang
_di
_Sungai
_Batang,
_Agam.
_Dalam
_tempo
_yang
_relatif
_singkat,
_arus
_gelombang
_Muhammadiyah
_telah
_menyebar
_ke
_seluruh
_Sumatera
_Barat,
_dan
_dari
_daerah
_inilah
_kemudian
_Muhammadiyah
_bergerak
_ke
_seluruh
_Sumatera,
_Sulawesi,
_dan
_Kalimantan.
_Singkat
_cerita,
_pada
_tahun
_1938
_Muhammadiyah
_telah
_tersebar
_keseluruh
_wilayah
_Indonesia
_dan
_mulai
_mengembangkan
_program
_dakwahnya
_secara
_lebih
_besar.
Pemerintah
_Republik
_Indonesia
_menetapkannya
_sebagai
_Pahlawan
_Nasional
_dengan
_surat
_Keputusan
_Presiden
_no.
_657
_tahun
_1961.
_Dasar-dasar
_penetapan
_itu
_ialah
_sebagai
_berikut:
KH.
_Ahmad
_Dahlan
_telah
_mempelopori
_kebangkitan
_ummat
_Islam
_untuk
_menyadari
_nasibnya
_sebagai
_bangsa
_terjajah
_yang
_masih
_harus
_belajar
_dan
_berbuat;
Dengan
_organisasi
_Muhammadiyah
_yang
_didirikannya,
_telah
_banyak
_memberikan
_ajaran
_Islam
_yang
_murni
_kepada
_bangsanya.
_Ajaran
_yang
_menuntut
_kemajuan,
_kecerdasan,
_dan
_beramal
_bagi
_masyarakat
_dan
_umat,
_dengan
_dasar
_iman
_dan
_Islam;
Dengan
_organisasinya,
_Muhammadiyah
_telah
_mempelopori
_amal
_usaha
_sosial
_dan
_pendidikan
_yang
_amat
_diperlukan
_bagi
_kebangkitan
_dan
_kemajuan
_bangsa,
_dengan
_jiwa
_ajaran
_Islam;
_dan
Dengan
_organisasinya,
_Muhammadiyah
_bagian
_wanita
_(Aisyiyah)
_telah
_mempelopori
_kebangkitan
_wanita
_Indonesia
_untuk
_mengecap
_pendidikan
_dan
_berfungsi
_sosial,
_setingkat
_dengan
_kaum
_pria.
Mengenai
_langkah
_pembaharuan
_Kyai
_Dahlan,
_yang
_merintis
_lahirnya
_Muhammadiyah
_di
_Kampung
_Kauman,
_Adaby
_Darban
_(2000:
_31)
_menyimpulkan
_hasil
_temuan
_penelitiannya
_sebagai
_berikut:
_"Dalam
_bidang
_tauhid,
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_ingin
_membersihkan
_aqidah
_Islam
_dari
_segala
_macam
_syirik.
_Dalam
_bidang
_ibadah,
_membersihkan
_cara-cara
_ibadah
_dari
_bid'ah.
_Dalam
_bidang
_mumalah,
_membersihkan
_kepercayaan
_dari
_khurafat,
_serta
_dalam
_bidang
_pemahaman
_terhadap
_ajaran
_Islam,
_ia
_merombak
_taklid
_untuk
_kemudian
_memberikan
_kebebasan
_dalam
_ber-ijtihad."
_Ketauhidan
_menjadi
_prioritas
_utama
_organisasi
_yang
_didirikan
_oleh
_Ahmad
_Dahlan
_ini.
_Hal
_ini
_berawal
_dari
_realitas
_masyarakat
_Kauman
_Yogyakarta
_yang
_melakukan
_ritual
_keagamaan
_bercampur
_mistik.
_Ahmad
_Dahlan
_mengetahui
_bahwa
_hal
_tersebut
_adalah
_syirik
_yang
_sangat
_berbahaya
_dilakukan
_oleh
_seorang
_muslim
_karena
_perilaku
_syirik
_adalah
_hal
_yang
_paling
_dibenci
_oleh
_Allah
_dan
_tidak
_akan
_pernah
_diampuni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar