Sabtu, 14 Desember 2013

KH. Ahmad Rifa’i & KH. Ahmad Dahlan Dua Sosok “Reformis” Yang Berbeda


________________________________________________________________________________ ULAMA_sejatinya_berfungsi_sebagai_panutan_masyarakat._Memberikan_pemahaman_yang_benar_tentang_ajaran_agama_sebagaimana_yang_sudah_diajarkan_oleh_Rasulullah_SAW_kepada_masyarakat_muslim_sebelumnya._Ulama_dituntut_untuk_bisa_memberikan_rujukan_yang_otentik_tentang_ajaran_agama_Islam_atas_problematika_kehidupan_masyarakat_muslim_yang_tak_pernah_surut.Dalam_wilayah_ini_ulama_berperan_sebagai_pewaris_ajaran_Nabi._Sebagaimana_hadits_Nabi_SAW_yang_diriwayatkan_oleh_Imam_Khathib_melalui_Jabir,_Rasul_Saw_bersabda:_"Muliakanlah_oleh_kalian_para_ulama,_karena_mereka_adalah_pewaris_para_nabi;_barangsiapa_memuliakan_mereka_berarti_ia_memuliakan_Allah_dan_Rasul-Nya."_ Dalam_hadits_lain_yang_cukup_panjang_dijelaskan_pula_bahwa_ulama_adalah_orang-orang_yang_terpilih_diantara_sekian_banyaknya_manusia,_"Orang-orang_yang_terpilih_dari_umatku_adalah_para_ulama_dan_para_ulama_yang_terpilih_adalah_orang-orang_yang_paling_belas_kasihan._Ingatlah,_sesungguhnya_Allah_SWT,_benar-benar_memberi_ampunan_kepada_orang_alim_sebanyak_empat_puluh_macam_dosa,_sebelum_Dia_memberi_ampunan_satu_macam_dosa_terhadap_orang_yang_jahil_(tidak_mengerti_agama),_ingatlah,_sesungguhnya_orang_alim_yang_belas_kasihan_itu_kelak_di_hari_kiamat_ia_datang_dalam_keadaan_bercahaya,_dan_sesungguhnya_cahaya_orang_alim_itu_selalu_menerangi_jalan_yang_ditempuhnya_sejauh_antara_arah_timur_dan_arah_barat,_cahayanya_itu_seakan-akan_bintang_yang_kemilau_cahayanya."_(HR._Al-Qudha'i_melalui_Ibnu_Umar_r.a.) Hadits_ini_menjelaskan_bahwa_ulama_adalah_sebaik-baik_manusia_setelah_Nabi._Mereka_adalah_pewaris_sekaligus_penerus_ajaran_Nabi._Kemilau_cahaya_Ilahi_dalam_perangai_mereka,_mampu_menerangi_dunia_yang_gelap_-antara_timur_dan_barat-_dari_cahaya_kemuliaan_agama._Begitu_luasnya_pengaruh_kemuliaan_ulama,_sampai-sampai_Allah_SWT_mengabadikannya_di_dalam_Al-Qur'an,_"Dan_demikian_(pula)_diantara_manusia,_binatang-binatang_melata_dan_binatang-binatang_ternak_ada_yang_bermacam-macam_warnanya_(dan_jenisnya)._Sesungguhnya_yang_takut_kepada_Allah_diantara_hamba-hamba-Nya,_hanyalah_ulama._Sesungguhnya_Allah_Maha_Perkasa_lagi_Maha_Pengampun."_(Q.S._Fathir_[35]:_28) Pantas_saja,_kehidupan_para_ulama_dahulu_yang_memperjuangkan_integritas_ajaran_Islam_selalu_dirundung_oleh_berbagai_macam_tudingan,_ancaman,_serta_hukuman_yang_sangat_berat_dari_musuh_Islam_yang_benci_kepada_pergerakan_dakwah_mereka._Hal_itu_tidak_lekas_menyurutkan_pergerakan_dakwah_mereka._Mereka_(para_mujahid)_lebih_gencar_lagi_mendakwahkan_Islam_sebagai_sebuah_agama_rahmatan_lil'alamin._Berikut_adalah_profile_dua_tokoh_pejuang_Islam_yang_sama-sama_memperjuangkan_identitas_Islam_atas_dasar_Al-Qur'an_dan_as-Sunnah._Akan_tetapi,_terdapat_perbedaan_yang_cukup_kontras_diantara_keduanya,_yakni_sikap_terhadap_Kolonial_Belanda. _ Ahmad_Rifa'i,_Ulama_Sekaligus_Pahlawan_Nasional Ia_adalah_ulama_besar_ahli_Tarekat._Ia_sangat_gigih_melawan_kolonialisme_Belanda_ketika_menancapkan_pengaruhnya_di_Nusantara._Oleh_karena_itu,_Presiden_Susilo_Bambang_Yudoyono_memberikan_gelar_kehormatan_sebagai_Pahlawan_Nasional,_melalui_Kepres_Nomor:_089/TK/2004._Selain_itu,_Kyai_Rifa'i_juga_dikenal_sebagai_sosok_pemimpin_rakyat_yang_tegas,_ulet_dan_teguh_dalam_pendirian._Sehingga,_DR._Karel_Steenbring_dalam_salah_satu_tulisannya,_menyebut_Kyai_Rifa'i_sebagai_reformis_fundamentalis_sejati._Kekuatan_tokoh_ini_menurut_beliau,_terletak_pada_prinsip_dan_semangat_juangnya,_yakni_tekad_untuk_mengembalikan_Islam_pada_Al-Qur'an_dan_Sunnah._Ahmad_Rifa'i_dilahirkan_di_Desa_Tempuran,_Kabupaten_Semarang_pada_hari_Kamis_tanggal_9_Muharram_tahun_1200_Hijriah_bertepatan_dengan_tahun_1786_Masehi_(dalam_versi_lain_1785)._Ayahnya_bernama_Muhammad_Marhum_bin_Abi_Sujak_Wijaya,_seorang_penghulu_di_Kendal,_Jawa_Tengah._Ibunya_bernama_Siti_Rohmah. Ahmad_Rifa'i_merupakan_anak_bungsu_dari_delapan_bersaudara._Mungkin_sudah_menjadi_ketentuan_dari_Allah_bahwa_dalam_sejarahnya_seorang_calon_mujahid_yang_tangguh_akan_mengalami_cobaan_yang_bertubi-tubi._Begitu_pula_dengan_Ahmad_Rifa'i._Beliau_ditinggal_pergi_oleh_ayahanda_tercinta_untuk_selama-lamanya._Pada_waktu_itu_ia_masih_berusia_enam_tahun._Inilah_awal_cobaan_yang_diterima_oleh_Ahmad_Rifa'i_dari_Allah_Swt_sebelum_cobaan_lain_yang_lebih_besar_menimpa_dirinya._Setelah_kepergian_ayahnya,_Ahmad_Rifa'i_diasuh_oleh_kakaknya,_Nyai_Rajiyah_binti_Muhammad,_yang_merupakan_istri_dari_ulama_pendiri_dan_pengasuh_Pesantren_Kaliwungu,_KH._Asy'ari._Maka,_dimulailah_perjuangan_Ahmad_Rifa'i_dalam_menebarkan_pesan-pesan_ajaran_agama_Islam_kepada_masyarakat_luas. Ia_berjuang_dan_menyebarkan_Islam_dengan_gigih_dan_tak_kenal_menyerah._Relasi_ia_kumpulkan_agar_lebih_mudah_dalam_menyebarkan_pesan-pesan_agama_bagi_masyarakat_luas._Perjalanan_hidup_Kyai_Rifa'i_amatlah_panjang_dan_berliku._Ketika_masih_kecil,_ia_mulai_berdakwah_dengan_melakukan_tabligh_keliling_di_daerah_Kendal_dan_sekitarnya._Disamping_menyampaikan_masalah_tentang_keagamaan,_Rifa'i_juga_menyampaikan_masalah-masalah_sosial_yang_terjadi_di_masyarakat,_terutama_masalah_tentang_arti_kemerdekaan_dan_perjuangan_melawan_kolonial._Bentuk_dakwah_seperti_ini_lah_yang_menjadi_cikal_bakal_diasingkannya_KH_Ahmad_Rifa'i_beserta_para_ulama_lainnya_oleh_pemerintah_kolonial_ke_daerah_Ambon,_dan_selanjutnya_ke_Manado._Namun,_berkat_kegigihan_dan_girah_yang_tinggi_tak_lekas_menyurutkan_semangat_juang_Kiayi_Rifa'i_beserta_pengikutnya_untuk_terus_mendakwahkan_ajaran_Islam._Kyai_Rifa'i_tetap_konsisten_dalam_menyebarkan_ajaran_Islam._Bahkan,_ketika_ia_diasingkan_oleh_kolonial,_bukannya_surut,_pergerakannya_malah_semakin_membuat_pihak_kolonial_takut. Pada_tahun_1838,_ia_dibuang_ke_kalisalak,_sebuah_desa_terpencil_di_Kecamatan_Limpung,_Batang,_namun_mujahid_yang_tak_pernah_patah_arang_ini_pada_tahun_1841_justru_membangun_sebuah_Pesantren_Al-Qur'an_di_kawasan_Hutan_Belantara_itu._Pesantren_baru_ini_berkembang_pesat,_lama_kelamaan_santrinya_berdatangan_dari_berbagai_penjuru_pulau_jawa._Tapi_gara-gara_aktivitasnya_itulah_pemerintah_Belanda_lagi-lagi_gerah._Apalagi_karena_Kyai_Rifai_tetap_saja_menggembleng_para_patriot_desa_dengan_semangat_anti_penjajah_yang_kafir._Dalam_mengompori_gerakannya,_Kyai_Rifa'i_tampil_menentang_penjajah_dengan_Gerakan_Tarajumah._Gerakan_ini_lebih_menekankan_pada_aspek_keagamaan_dengan_budaya_masyarakat_lokal._Ia_membuka_kesadaran_masyarakat_untuk_menjadikan_Islam_sebagai_roh_kehidupan_dan_perjuangan. Kata_Tarajumah,_dialek_Sunda_untuk_kata_Tarjamah_dari_bahasa_Arab,_diambil_dari_kitab_agama_karangannya_yang_ia_susun_di_sela-sela_mengajar._Selain_Tarajumah,_Kyai_Rifa'i_berhasil_menyusun_Kitab_Nazam_Wikayah._Kitab_ini_berisi_anjuran_kepada_kaum_muslim_Jawa_untuk_menentang_dan_melawan_orang_kafir_Belanda_serta_mereka_yang_bersekutu_dengannya._Slamete_dunya_akherat_wajib_kinira_nglawan_raja_kafir_sekuasane_kafikira_tur_perang_sabil_lewih_kadene_ukara_kacukupan_tan_kanti_akeh_bala_kuncara_(Keselamatan_dunia-akherat_wajib_diperhitungkan_melawan_raja_kafir_sekemampuannya_perlu_dipikirkan‟_demikian_juga_perang_sabil_lebih_dari_pada_ucapan_cukup_tidak_menggunakan_pasukan_yang_besar)_Selain_doktrin_kepada_pemerintah_kolonial_Belanda,_K.H._Ahmad_Rifa'i_juga_mengajarkan_doktrin_protesnya_terhadap_birokrat_feodal_tradisional_yang_menjadi_kaki_tangan_Belanda._Merekalah_musuh_yang_paling_berbahaya_bagi_pergerakan_dakwah_Kyai_Rifa'i_beserta_para_pengikutnya. Doktrin_ini_terlihat_dalam_Kitab_Tarqhib._Tanbihun,_tinemu_negara_Jawi_rajane_kufur_Iku_amar_naha_ora_gugur_Saben_mukalaf_ghalib_ana_kuasa_milahur_Uga_bisa_ghalib_derajate_luwih_luhur_Tinemu_alim_fasiq_ngilmune_ketanggungan_Ningali_ing_negara_Jawi_dhalim_rajane_kinaweruhan_Iku_aweh_pitutur_tinemu_linakonan_Wajib_amar_naha_sabab_akeh_kamaksiatan_(Ingatlah!_Sekarang_didapati_penjajah_sudah_menguasai_negara_Jawa_Berjuang_mencegah_selalu_diharapkan_Tiap-tiap_rakyat_dewasa_kalau_mampu_melaksanakan_Kalau_memang_benar-benar_mampu_mencegahnya_akan_memperoleh_kemulyaan_Kamudian,_kalau_didapati_ada_alim_penghianat_yang_ilmunya_diragukan_Otomatis_mereka_melihat_Jawa_jelas_dikuasi_penjajah_dan_menindas_rakyat_Sikapnya_mestinya_harus_memberi_penjelasan_ke_arah_yang_baik_untuk_dilaksanakan_Sebab_wajib_bagi_mereka_mencegah_kalau_sudah_terjadi_wabah_kemaksiatan)._Dalam_serangkaian_tulisannya,_Kyai_Rifa'i_selalu_menyebut_Belanda_sebagai_penjajah_kafir,_dan_siapapun_yang_berkolaborasi_dengan_Belanda,_maka_hukumnya_juga_Kafir,_dan_halal_untuk_diperangi. Pandangan_seperti_itu,_akhirnya_menjadi_fatwa_yang_tersebar_luas_di_kalangan_masyarakat_Kalisalak_dan_sekitarnya._Sehingga_membuat_Belanda_sangat_marah_dan_mengejeknya_dengan_julukan_"Setan_Kalisalak"._Bahkan_atas_suruhan_Belanda_pula,_sejumlah_ulama_yang_pro_Belanda_sempat_menggelarinya_sebagai_"Ulama_Sesat"._Karena_sikapnya_yang_begitu_keras_memerangi_Belanda,_mengakibatkan_ia_harus_mendapat_kecaman,_bahkan_ancaman_serius_dari_pemerintah_Belanda,_maupun_ulama_yang_bersebrangan_dengannya._Akhirnya_larangan_berdakwah_pun_dikeluarkan,_tapi_ia_tetap_jalan_terus,_bahkab_semakin_gencar._KH._Ahmad_Rifa'i_adalah_ulama_sekaligus_mujahid,_pejuang_Islam,_ia_dicintai_dan_sangat_dekat_dengan_rakyat,_terutama_karena_ia_mampu_mengajar_agama_dengan_bahasa_lokal_Jawa,_campur_Sunda,_sebagai_bahasa_perantara._Ia_menulis_puluhan_kitab_Agama_dalam_bahasa_Jawa_dengan_menggunakan_huruf_Pegon,_huruf_Arab_berbahasa_Jawa._Tak_kurang_dari_55_judul_kitabnya,_kini_masih_dibaca_oleh_para_pengikutnya._Kyai_Rifa'i_menyebut_kitab-kitab_dalam_bahasa_Jawa_itu_sebagai_Tarajumah,_yang_berarti_Terjemahan._Hingga_saat_ini_masih_ada_beberapa_murid_Kyai_Rifa'i_yang_melanjutkan_dakwah_dan_perjuangannya._Antara_lain,_Abdul_Aziz_(Wonosobo)_Ishak_(Kendal),_Imam_Puro_(Batang)_Abu_Salim_(Pekalongan)_dan_masih_banyak_lagi._Para_pengikut_Kyai_ini_membentuk_sebuah_organisasi_yang_bernama_Rifa'iyah,_berpusat_di_Kedungwuni,_Pekalongan,_Jawa_Tengah._KH._Ahmad_Rifa'i_berpulang_ke_Rahmatullah_pada_tahun_1870_(pada_umur_84_tahun)_sewaktu_diasingkan_oleh_Kolonial_Belanda_di_Kampung_Jawa_Tondano,_Manado,_dan_dimakamkan_di_Taman_Makam_Pahlawan_Kyai_Mojo._Semoga_semangat_perjuangan_dakwah_beliau_yang_sangat_tinggi_bisa_kita_miliki_dalam_menjalankan_kewajiban_kita_sebagai_seorang_muslim._Serta_semoga_ia_mendapat_tempat_yang_layak_di_sisi-Nya. Ahmad_Dahlan,_Menentang_Tradisi_Lokal Ahmad_Dahlan_adalah_salah_satu_ulama_besar_di_zamannya_yang_berani_dengan_keras_menentang_kebijakan_Kolonial_Belanda_atas_sistem_kastaisasi_pendidikan_untuk_kaum_bumi_putera._Ia_lahir_di_Yogyakarta_pada_1_Agustus_1868_dengan_nama_kecil_Muhammad_Darwis._Adapaun_nama_Ahmad_Dahlan_adalah_pemberian_gurunya_sewaktu_belajar_di_Kota_Mekah. Ahmad_Dahlan_adalah_putera_keempat_dari_tujuh_bersaudara_(lima_saudaranya_perempuan_dan_dua_lelaki_yakni_ia_sendiri_dan_adik_bungsunya)_dari_pasangan_dari_K.H._Abu_Bakar_(seorang_ulama_dan_khatib_terkemuka_di_Masjid_Besar_Kasultanan_Yogyakarta_pada_masa_itu)_dengan_Nyai_Abu_Bakar_(puteri_dari_H._Ibrahim_yang_juga_menjabat_penghulu_Kasultanan_Yogyakarta_pada_masa_itu)._Jadi,_secara_genealogis_Ahmad_Dahlan_adalah_keturunan_darah_biru_dari_Kasultanan_Yogyakarta._Jika_ditelusuri_lebih_jauh_dalam_silsilah_keluarga,_Ahmad_Dahlan_termasuk_keturunan_yang_kedua_belas_dari_Maulana_Malik_Ibrahim,_seorang_wali_besar_diantara_Wali_Songo. Silsilahnya_lengkapnya_ialah_Muhammad_Darwis_(Ahmad_Dahlan)_bin_KH._Abu_Bakar_bin_KH._Muhammad_Sulaiman_bin_Kyai_Murtadla_bin_Kyai_Ilyas_bin_Demang_Djurung_Djuru_Kapindo_bin_Demang_Djurung_Djuru_Sapisan_bin_Maulana_Sulaiman_Ki_Ageng_Gribig_(Djatinom)_bin_Maulana_Muhammad_Fadlul'llah_(Prapen)_bin_Maulana_'Ainul_Yaqin_bin_Maulana_Ishaq_bin_Maulana_Malik_Ibrahim._Wajar_saja_jika_pergerakan_dakwah_Ahmad_Dahlan_bersikap_ideologis_dan_keras_menentang_kolonialisme_Belanda_di_Nusantara._Keluasan_ilmu_Ahmad_Dahlan_di_kemudian_hari_berawal_dari_pendidikan_keluarga_yang_sangat_mengutamakan_pendidikan_agama._Ia_dididik_oleh_keluarganya_melalui_metode_pendidikan_nabawi_dengan_hidup_di_lingkungan_pesantren._Sehingga_wajar,_Dahlan_kecil_memiliki_pemikiran_berbeda_dari_kebanyakan_remaja_seusianya_pada_waktu_itu_yang_lebih_sibuk_dengan_agenda_hura-hura._Dahlan_kecil_lebih_berfikir_ke_depan_tentang_realitas_keagamaan_masyarakat_sekitar_yang_banyak_mengusik_naluri_pembaharuannya_di_masa_depan._Tak_ayal,_ketika_usia_15_tahun_ia_memutuskan_untuk_pergi_haji_dan_belajar_agama_Islam_lebih_dalam_di_Kota_Mekah._Ketika_berada_di_Mekah,_Ahmad_Dahlan_semakin_intens_berinteraksi_dengan_pemikiran-pemikiran_pembaharu_dalam_dunia_Islam,_seperti_Muhammad_Abduh,_Jamaluddin_al-Afghani,_Rasyid_Ridha,_dan_Ibn_Taimiyah. Interaksi_ini_sangat_berpengaruh_pada_semangat,_jiwa_dan_pemikiran_Dahlan_ketika_pulang_ke_Indonesia._Setelah_lima_tahun_belajar_di_Mekah,_tepatnya_pada_tahun_1888,_saat_berusia_20_tahun,_Dahlan_kembali_ke_kampungnya._Lalu,_ia_pun_diangkat_menjadi_khatib_amin_di_lingkungan_Kesultanan_Yogyakarta._Pada_tahun_1902,_ia_menunaikan_ibadah_haji_untuk_kedua_kalinya,_sekaligus_dilanjutkan_dengan_memperdalam_ilmu_agama_kepada_beberapa_guru_di_Mekah_hingga_tahun_1904._Pada_masa_ini,_ia_sempat_berguru_kepada_Syekh_Ahmad_Khatib,_pembaharu_dari_Minangkabau_yang_juga_guru_dari_pendiri_organisasi_NU,_KH._Hasyim_Asyari._Sepulang_dari_Mekah,_ia_menikah_dengan_Siti_Walidah,_sepupunya_sendiri,_anak_Kyai_Penghulu_Haji_Fadhil._Siti_Walidah,_kemudian_lebih_dikenal_dengan_nama_Nyai_Ahmad_Dahlan,_seorang_Pahlawanan_Nasional_dan_pendiri_Aisyiyah_(salah_satu_organisasi_intern_Muhammadiyah). Pasangan_ini_mendapat_enam_orang_anak_yaitu_Djohanah,_Siradj_Dahlan,_Siti_Busyro,_Irfan_Dahlan,_Siti_Aisyah,_dan_Siti_Zaharah._Di_samping_itu,_KH._Ahmad_Dahlan_pernah_pula_menikahi_Nyai_Abdullah._Ia_juga_pernah_menikahi_Nyai_Rum,_adik_Kyai_Munawwir_Krapyak._KH._Ahmad_Dahlan_juga_mempunyai_putera_dari_perkawinannya_dengan_Ibu_Nyai_Aisyah_(adik_Adjengan_Penghulu)_Cianjur_yang_bernama_Dandanah._Beliau_pernah_pula_menikah_dengan_Nyai_Yasin_Pakualaman_dari_Yogyakarta._Perjalanan_spiritual_Ahmad_Dahlan_dalam_memahami_Islam_cukuplah_panjang_dan_berliku._Berguru_ke_berbagai_tempat,_serta_mendapatkan_banyak_pemahaman_tentang_agama_Islam. Hal_terpenting_dari_perjalanan_spiritual_Ahmad_Dahlan_adalah_ketika_ia_berhasil_mengubah_paradigma_masyarakat_kampungnya_yang_bersifat_ortodok_menjadi_lebih_modern._Menurutnya,_ortodok_mengakibatkan_kejumudan_berfikir,_stagnasi_pemikiran_yang_semakin_menurunkan_aspek_nalar_intelektual._Hal_ini_menjadi_nilai_tambah_bagi_Kolonial_Belanda_yang_sedang_menancapkan_faham_kolonialismenya_di_Indonesia_dan_menjadi_nilai_kurang_bagi_bangsa_dan_negara_Indonesia_sendiri._Karena_perilaku_keagamaannya_berlainan_dengan_kebiasaan_masyarakat_sekitar_-seperti_menjauhi_tradisi_sesajenan,_mengubah_arah_kiblat-_ia_sempat_digelari_oleh_masyarakat_dengan_sebutan_"Kyai_Kafir."_Hal_terberat_dalam_perjalanan_dakwah_Ahmad_Dahlan_adalah_ketika_langgar_tempat_mengajinya_dirobohkan_oleh_masyarakat_sekitar_karena_mendapat_hasutan_dari_kyai_yang_bersebrangan_dengan_idealismenya_dalam_menentang_praktek_keagamaan_yang_ortodok. Perjuangan_Ahmad_Dahlan_dalam_memurnikan_ajaran_Islam_dari_unsur_tradisi_lokal_yang_puritan,_banyak_didorong_oleh_sang_istri_Siti_Walidah,_serta_murid-murid_setianya._Sempat_beliau_berputus_asa_ketika_dakwah_Islamiyahnya_terganjal_oleh_hasutan_Kyai_pro_Belanda._Namun,_atas_kebesaran_hati_Ahmad_Dahlan_serta_dorongan_kuat_dari_keluarga,_terutama_sang_istri,_akhirnya_Ahmad_Dahlan_kembali_membangun_semangat_untuk_memurnikan_niatnya_dalam_mendakwahkan_ajaran_Islam._Ahmad_Dahlan_adalah_pendiri_organisasi_besar_Muhammadiyah_yang_berpusat_di_Yogyakarta._Beliau_mendirikan_Muhammadiyah_pada_tanggal_18_Noember_1912_Masehi_bertepatan_dengan_8_Dzulhijjah_1330_Hijriah._Dalam_website_resmi_PP_Muhammadiyah,_dijelaskan_bahwa_kata_"Muhammadiyah"_secara_bahasa_berarti_"pengikut_Nabi_Muhammad". Penggunaan_kata_"Muhammadiyah"_dimaksudkan_untuk_menisbahkan_(menghubungkan)_dengan_ajaran_dan_jejak_perjuangan_Nabi_Muhammad._Penisbatan_nama_tersebut_menurut_H._Djarnawi_Hadikusuma_mengandung_pengertian_sebagai_berikut:_"Dengan_nama_itu_dia_bermaksud_untuk_menjelaskan_bahwa_pendukung_organisasi_itu_ialah_umat_Muhammad,_dan_asasnya_adalah_ajaran_Nabi_Muhammad_saw,_yaitu_Islam._Dan_tujuannya_ialah_memahami_dan_melaksanakan_agama_Islam_sebagai_yang_memang_ajaran_yang_serta_dicontohkan_oleh_Nabi_Muhammad_saw,_agar_supaya_dapat_menjalani_kehidupan_dunia_sepanjang_kemauan_agama_Islam._Dengan_demikian_ajaran_Islam_yang_suci_dan_benar_itu_dapat_memberi_nafas_bagi_kemajuan_umat_Islam_dan_bangsa_Indonesia_pada_umumnya."_Pada_masa_kepemimpinan_Ahmad_Dahlan_(1912-1923),_pengaruh_Muhammadiyah_terbatas_hanya_di_karesidenan-karesidenan,_seperti:_Yogyakarta,_Surakarta,_Pekalongan,_dan_Pekajangan. Pada_tahun_1925,_Abdul_Karim_Amrullah_membawa_Muhammadiyah_ke_Sumatera_Barat_dengan_membuka_cabang_di_Sungai_Batang,_Agam._Dalam_tempo_yang_relatif_singkat,_arus_gelombang_Muhammadiyah_telah_menyebar_ke_seluruh_Sumatera_Barat,_dan_dari_daerah_inilah_kemudian_Muhammadiyah_bergerak_ke_seluruh_Sumatera,_Sulawesi,_dan_Kalimantan._Singkat_cerita,_pada_tahun_1938_Muhammadiyah_telah_tersebar_keseluruh_wilayah_Indonesia_dan_mulai_mengembangkan_program_dakwahnya_secara_lebih_besar. Pemerintah_Republik_Indonesia_menetapkannya_sebagai_Pahlawan_Nasional_dengan_surat_Keputusan_Presiden_no._657_tahun_1961._Dasar-dasar_penetapan_itu_ialah_sebagai_berikut: KH._Ahmad_Dahlan_telah_mempelopori_kebangkitan_ummat_Islam_untuk_menyadari_nasibnya_sebagai_bangsa_terjajah_yang_masih_harus_belajar_dan_berbuat; Dengan_organisasi_Muhammadiyah_yang_didirikannya,_telah_banyak_memberikan_ajaran_Islam_yang_murni_kepada_bangsanya._Ajaran_yang_menuntut_kemajuan,_kecerdasan,_dan_beramal_bagi_masyarakat_dan_umat,_dengan_dasar_iman_dan_Islam; Dengan_organisasinya,_Muhammadiyah_telah_mempelopori_amal_usaha_sosial_dan_pendidikan_yang_amat_diperlukan_bagi_kebangkitan_dan_kemajuan_bangsa,_dengan_jiwa_ajaran_Islam;_dan Dengan_organisasinya,_Muhammadiyah_bagian_wanita_(Aisyiyah)_telah_mempelopori_kebangkitan_wanita_Indonesia_untuk_mengecap_pendidikan_dan_berfungsi_sosial,_setingkat_dengan_kaum_pria. Mengenai_langkah_pembaharuan_Kyai_Dahlan,_yang_merintis_lahirnya_Muhammadiyah_di_Kampung_Kauman,_Adaby_Darban_(2000:_31)_menyimpulkan_hasil_temuan_penelitiannya_sebagai_berikut:_"Dalam_bidang_tauhid,_KH._Ahmad_Dahlan_ingin_membersihkan_aqidah_Islam_dari_segala_macam_syirik._Dalam_bidang_ibadah,_membersihkan_cara-cara_ibadah_dari_bid'ah._Dalam_bidang_mumalah,_membersihkan_kepercayaan_dari_khurafat,_serta_dalam_bidang_pemahaman_terhadap_ajaran_Islam,_ia_merombak_taklid_untuk_kemudian_memberikan_kebebasan_dalam_ber-ijtihad."_Ketauhidan_menjadi_prioritas_utama_organisasi_yang_didirikan_oleh_Ahmad_Dahlan_ini._Hal_ini_berawal_dari_realitas_masyarakat_Kauman_Yogyakarta_yang_melakukan_ritual_keagamaan_bercampur_mistik._Ahmad_Dahlan_mengetahui_bahwa_hal_tersebut_adalah_syirik_yang_sangat_berbahaya_dilakukan_oleh_seorang_muslim_karena_perilaku_syirik_adalah_hal_yang_paling_dibenci_oleh_Allah_dan_tidak_akan_pernah_diampuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar