Jumat, 06 Desember 2013

Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara
Foto:

Nama Lengkap : Ki Hajar Dewantara
Alias : Raden Mas Soewardi Soerjaningrat
Profesi : -
Agama : Islam
Tempat Lahir : Yogyakarta
Tanggal Lahir : Kamis, 2 Mei 1889
Zodiac : Taurus
Warga Negara : Indonesia

Istri : Nyi Sutartinah
BIOGRAFI
Raden_ Mas_ Soewardi_ Soerjaningrat_ atau_ yang_ lebih_ dikenal_ dengan_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ adalah_ pendiri_ Perguruan_ Taman_ Siswa,_ suatu_ lembaga_ pendidikan_ yang_ memberikan_ kesempatan_ bagi_ para_ pribumi_ jelata_ untuk_ bisa_ memperoleh_ hak_ pendidikan_ seperti_ halnya_ para_ priyayi_ maupun_ orang-orang_ Belanda. Ki_ Hadjar_ Dewantara_ lahir_ di_ Yogyakarta_ pada_ tanggal_ 2_ Mei_ 1889_ dengan_ nama_ Raden_ Mas_ Soewardi_ Soeryaningrat._ Ki_ Hajar_ Dewantara_ dibesarkan_ di_ lingkungan_ keluarga_ kraton_ Yogyakarta._ Saat_ genap_ berusia_ 40_ tahun_ menurut_ hitungan_ Tahun_ Caka,_ Raden_ Mas_ Soewardi_ Soeryaningrat_ berganti_ nama_ menjadi_ Ki_ Hadjar_ Dewantara._ Semenjak_ saat_ itu,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ tidak_ lagi_ menggunakan_ gelar_ kebangsawanan_ di_ depan_ namanya. Hal_ ini_ dimaksudkan_ supaya_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ dapat_ bebas_ dekat_ dengan_ rakyat,_ baik_ secara_ fisik_ maupun_ hatinya._ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ menamatkan_ Sekolah_ Dasar_ di_ ELS_ (Sekolah_ Dasar_ Belanda)_ dan_ kemudian_ melanjutkan_ sekolahnya_ ke_ STOVIA_ (Sekolah_ Dokter_ Bumiputera)_ tapi_ lantaran_ sakit,_ sekolahnya_ tersebut_ tidak_ bisa_ dia_ selesaikan. Ki_ Hadjar_ Dewantara_ kemudian_ bekerja_ sebagai_ wartawan_ di_ beberapa_ surat_ kabar_ antara_ lain_ Sedyotomo,_ Midden_ Java,_ De_ Express,_ Oetoesan_ Hindia,_ Kaoem_ Moeda,_ Tjahaja_ Timoer_ dan_ Poesara._ Pada_ masanya,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ dikenal_ penulis_ handal._ Tulisan-tulisannya_ sangat_ komunikatif,_ tajam_ dan_ patriotik_ sehingga_ mampu_ membangkitkan_ semangat_ antikolonial_ bagi_ pembacanya. Selain_ bekerja_ sebagai_ seorang_ wartawan_ muda,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ juga_ aktif_ dalam_ berbagai_ organisasi_ sosial_ dan_ politik._ Pada_ tahun_ 1908,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ aktif_ di_ seksi_ propaganda_ Boedi_ Oetomo_ untuk_ mensosialisasikan_ dan_ menggugah_ kesadaran_ masyarakat_ Indonesia_ pada_ waktu_ itu_ mengenai_ pentingnya_ persatuan_ dan_ kesatuan_ dalam_ berbangsa_ dan_ bernegara._ Kemudian,_ bersama_ Douwes_ Dekker_ (Dr._ Danudirdja_ Setyabudhi)_ dan_ dr._ Cipto_ Mangoenkoesoemo_ yang_ nantinya_ akan_ dikenal_ sebagai_ Tiga_ Serangkai,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ mendirikan_ Indische_ Partij_ (partai_ politik_ pertama_ yang_ beraliran_ nasionalisme_ Indonesia)_ pada_ tanggal_ 25_ Desember_ 1912_ yang_ bertujuan_ mencapai_ Indonesia_ merdeka. Mereka_ berusaha_ mendaftarkan_ organisasi_ ini_ untuk_ memperoleh_ status_ badan_ hukum_ pada_ pemerintah_ kolonial_ Belanda._ Tetapi_ pemerintah_ kolonial_ Belanda_ melalui_ Gubernur_ Jendral_ Idenburg_ menolak_ pendaftaran_ itu_ pada_ tanggal_ 11_ Maret_ 1913_ karena_ organisasi_ ini_ dianggap_ dapat_ membangkitkan_ rasa_ nasionalism_ dan_ kesatuan_ rakyat_ untuk_ menentang_ pemerintah_ kolonial_ Belanda. Semangatnya_ tidak_ berhenti_ sampai_ sini._ Pada_ bulan_ November_ 1913,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ membentuk_ Komite_ Bumipoetra_ yang_ bertujuan_ untuk_ melancarkan_ kritik_ terhadap_ Pemerintah_ Belanda._ Salah_ satunya_ adalah_ dengan_ menerbitkan_ tulisan_ berjudul_ Als_ Ik_ Eens_ Nederlander_ Was_ (Seandainya_ Aku_ Seorang_ Belanda)_ dan_ Een_ voor_ Allen_ maar_ Ook_ Allen_ voor_ Een_ (Satu_ untuk_ Semua,_ tetapi_ Semua_ untuk_ Satu_ Juga)_ di_ mana_ kedua_ tulisan_ tersebut_ menjadi_ tulisan_ terkenal_ hingga_ saat_ ini._ Tulisan_ Seandainya_ Aku_ Seorang_ Belanda_ dimuat_ dalam_ surat_ kabar_ de_ Expres_ milik_ dr._ Douwes_ Dekker. Akibat_ karangannya_ itu,_ pemerintah_ kolonial_ Belanda_ melalui_ Gubernur_ Jendral_ Idenburg_ menjatuhkan_ hukuman_ pengasingan_ terhadap_ Ki_ Hadjar_ Dewantara._ Douwes_ Dekker_ dan_ Cipto_ Mangoenkoesoemo_ yang_ merasa_ rekan_ seperjuangan_ diperlakukan_ tidak_ adil_ menerbitkan_ tulisan_ yang_ bernada_ membela_ Ki_ Hadjar_ Dewantara._ Mengetahui_ hal_ ini,_ Belanda_ pun_ memutuskan_ untuk_ menjatuhi_ hukuman_ pengasingan_ bagi_ keduanya._ Douwes_ Dekker_ dibuang_ di_ Kupang_ sedangkan_ Cipto_ Mangoenkoesoemo_ dibuang_ ke_ pulau_ Banda. Namun_ mereka_ menghendaki_ dibuang_ ke_ Negeri_ Belanda_ karena_ di_ sana_ mereka_ bisa_ mempelajari_ banyak_ hal_ dari_ pada_ di_ daerah_ terpencil._ Akhirnya_ mereka_ diizinkan_ ke_ Negeri_ Belanda_ sejak_ Agustus_ 1913_ sebagai_ bagian_ dari_ pelaksanaan_ hukuman._ Kesempatan_ itu_ dipergunakan_ untuk_ mendalami_ masalah_ pendidikan_ dan_ pengajaran,_ sehingga_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ berhasil_ memperoleh_ Europeesche_ Akte._ Pada_ tahun_ 1918,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ kembali_ ke_ tanah_ air. Di_ tanah_ air_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ semakin_ mencurahkan_ perhatian_ di_ bidang_ pendidikan_ sebagai_ bagian_ dari_ alat_ perjuangan_ meraih_ kemerdekaan._ Bersama_ rekan-rekan_ seperjuangannya,_ dia_ pun_ mendirikan_ sebuah_ perguruan_ yang_ bercorak_ nasional_ yang_ diberi_ nama_ Nationaal_ Onderwijs_ Instituut_ Taman_ Siswa_ (Perguruan_ Nasional_ Taman_ Siswa)_ pada_ 3_ Juli_ 1922._ Perguruan_ ini_ sangat_ menekankan_ pendidikan_ rasa_ kebangsaan_ kepada_ peserta_ didik_ agar_ mereka_ mencintai_ bangsa_ dan_ tanah_ air_ dan_ berjuang_ untuk_ memperoleh_ kemerdekaan._ Pemerintah_ kolonial_ Belanda_ berupaya_ merintanginya_ dengan_ mengeluarkan_ Ordonansi_ Sekolah_ Liar_ pada_ 1_ Oktober_ 1932. Tetapi_ dengan_ kegigihan_ memperjuangkan_ haknya,_ sehingga_ ordonansi_ itu_ kemudian_ dicabut._ Selama_ mencurahkan_ perhatian_ dalam_ dunia_ pendidikan_ di_ Taman_ Siswa,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ juga_ tetap_ rajin_ menulis._ Namun_ tema_ tulisannya_ beralih_ dari_ nuansa_ politik_ ke_ pendidikan_ dan_ kebudayaan_ berwawasan_ kebangsaan._ Melalui_ tulisan-tulisan_ itulah_ dia_ berhasil_ meletakkan_ dasar-dasar_ pendidikan_ nasional_ bagi_ bangsa_ Indonesia._ Kegiatan_ menulisnya_ ini_ terus_ berlangsung_ hingga_ zaman_ Pendudukan_ Jepang. Saat_ Pemerintah_ Jepang_ membentuk_ Pusat_ Tenaga_ Rakyat_ (Putera)_ dalam_ tahun_ 1943,_ Ki_ Hajar_ ditunjuk_ untuk_ menjadi_ salah_ seorang_ pimpinan_ bersama_ Ir._ Soekarno,_ Drs._ Muhammad_ Hatta_ dan_ K.H._ Mas_ Mansur._ Setelah_ kemerdekaan_ Indonesia_ berhasil_ direbut_ dari_ tangan_ penjajah_ dan_ stabilitas_ pemerintahan_ sudah_ terbentuk. Ki_ Hadjar_ Dewantara_ dipercaya_ oleh_ presiden_ Soekarno_ untuk_ menjadi_ Menteri_ Pendidikan,_ Pengajaran_ dan_ Kebudayaan_ yang_ pertama._ Melalui_ jabatannya_ ini,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ semakin_ leluasa_ untuk_ meningkatkan_ kualitas_ pendidikan_ di_ Indonesia._ Pada_ tahun_ 1957,_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ mendapatkan_ gelar_ Doktor_ Honori_ Klausa_ dari_ Universitas_ Gajah_ Mada._ Dua_ tahun_ setelah_ mendapat_ gelar_ Doctor_ Honoris_ Causa_ itu,_ tepatnya_ pada_ tanggal_ 28_ April_ 1959_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ meninggal_ dunia_ di_ Yogyakarta_ dan_ dimakamkan_ di_ sana._ Kini,_ nama_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ bukan_ saja_ diabadikan_ sebagai_ seorang_ tokoh_ dan_ pahlawan_ pendidikan_ (bapak_ Pendidikan_ Nasional)_ yang_ tanggal_ kelahirannya_ 2_ Mei_ dijadikan_ hari_ Pendidikan_ Nasional,_ tetapi_ juga_ ditetapkan_ sebagai_ Pahlawan_ Pergerakan_ Nasional_ melalui_ surat_ keputusan_ Presiden_ RI_ No.305_ Tahun_ 1959,_ tanggal_ 28_ November_ 1959. Ajarannya_ yakni_ tut_ wuri_ handayani_ (di_ belakang_ memberi_ dorongan),_ ing_ madya_ mangun_ karsa_ (di_ tengah_ menciptakan_ peluang_ untuk_ berprakarsa),_ ing_ ngarsa_ sungtulada_ (di_ depan_ memberi_ teladan)_ akan_ selalu_ menjadi_ dasar_ pendidikan_ di_ Indonesia._ Untuk_ mengenang_ jasa-jasa_ Ki_ Hadjar_ Dewantara_ pihak_ penerus_ perguruan_ Taman_ Siswa_ mendirikan_ Museum_ Dewantara_ Kirti_ Griya,_ Yogyakarta,_ untuk_ melestarikan_ nilai-nilai_ semangat_ perjuangan_ Ki_ Hadjar_ Dewantara. Dalam_ museum_ ini_ terdapat_ benda-benda_ atau_ karya-karya_ Ki_ Hadjar_ sebagai_ pendiri_ Taman_ Siswa_ dan_ kiprahnya_ dalam_ kehidupan_ berbangsa._ Koleksi_ museum_ yang_ berupa_ karya_ tulis_ atau_ konsep_ dan_ risalah-risalah_ penting_ serta_ data_ surat-menyurat_ semasa_ hidup_ Ki_ Hadjar_ sebagai_ jurnalis,_ pendidik,_ budayawan_ dan_ sebagai_ seorang_ seniman_ telah_ direkam_ dalam_ mikrofilm_ dan_ dilaminasi_ atas_ bantuan_ Badan_ Arsip_ Nasional. Riset_ dan_ Analisa:_ Fathimatuz_ Zahroh PENDIDIKAN ELS_ (Europeesche_ Lagere_ School)_ STOVIA_ (Sekolah_ Dokter_ Bumiputera) KARIR Pendiri_ perguruan_ Taman_ Siswa PENGHARGAAN Gelar_ doktor_ kehormatan_ (doctor_ honoris_ causa,_ Dr.H.C.)_ dari_ Universitas_ Gadjah_ Mada Bapak_ Pendidikan_ Nasional_ Indonesia_ dan_ hari_ kelahirannya_ dijadikan_ Hari_ Pendidikan_ Nasional_ (Surat_ Keputusan_ Presiden_ RI_ no._ 305_ tahun_ 1959,_ tanggal_ 28_ November_ 1959

Tidak ada komentar:

Posting Komentar