Jumat, 06 Desember 2013

KI HAJAR DEWANTARA (1889-1959): SOSOK YANG KERAS TAPI TIDAK KASAR

Sebagai_ tokoh_ pendidikan,_ Ki_ Hajar_ Dewantara_ tidak_ seperti_ Ivan_ Illich_ atau_ Rabrindranath_ Tagore_ yang_ sempat_ menganggap_ sekolah_ sebagai_ siksaan_ yang_ harus_ segera_ dihindari._ Ki_ Hajar_ berpandangan_ bahwa_ melalui_ pendidikan_ akan_ terbentuk_ kader_ yang_ berpikir,_ berperasaan,_ dan_ berjasad_ merdeka_ serta_ percaya_ akan_ kemampuan_ sendiri._ Arah_ pendidikannya_ bernafaskan_ kebangsaan_ dan_ berlanggam_ kebudayaan. Seorang_ tokoh_ seperti_ Ivan_ Illich_ pernah_ berseru_ agar_ masyarakat_ bebas_ dari_ sekolah._ Niat_ deschooling_ tersebut_ berangkat_ dari_ anggapan_ Ivan_ Illich_ bahwa_ sekolah_ tak_ ubahnya_ pabrik_ yang_ mencetak_ anak_ didik_ dalam_ paket-paket_ yang_ sudah_ pasti._ "…bagi_ banyak_ orang,_ hak_ belajar_ sudah_ digerus_ menjadi_ kewajiban_ menghadiri_ sekolah",_ kata_ Illich._ Demikian_ pula_ halnya_ dengan_ Rabindranath_ Tagore_ yang_ sempat_ menganggap_ sekolah_ seakan-akan_ sebuah_ penjara._ Yang_ kemudian_ ia_ sebut_ sebagai_ "siksaan_ yang_ tertahankan". Ada_ benarnya_ ketika_ setiap_ pendidikan_ harus_ mampu_ mengarah_ dan_ mengubah_ status_ quo._ Dan_ ini_ tidak_ berarti_ benar_ ketika_ menganggap_ sekolah_ tidak_ penting._ Anak-anak_ dengan_ senang_ hati,_ umumnya_ masih_ berangkat_ ke_ sana._ Kita,_ dan_ mereka,_ tahu;_ bukan_ mata_ pelajaran_ serta_ ruang_ kelas_ itu_ yang_ membikin_ mereka_ betah._ Melainkan_ teman_ dan_ pertemuan._ Bisa_ saja,_ Illich_ dan_ Tagore_ keliru._ Sekolah_ juga_ keliru_ bila_ ia_ tidak_ tahu_ diri_ bahwa_ peranannya_ tidak_ seperti_ yang_ diduga_ selama_ ini._ Ia_ bukan_ penentu_ gagal_ tidaknya_ seorang_ anak._ Ia_ tak_ berhak_ menjadi_ perumus_ masa_ depan. Namun,_ banyak_ kalangan_ sering_ menyejajarkan_ Ki_ Hajar_ Dewantara_ dengan_ Rabindranath_ Tagore,_ seorang_ pemikir,_ pendidik,_ dan_ pujangga_ besar_ kelas_ dunia_ yang_ telah_ berhasil_ meletakkan_ dasar-dasar_ pendidikan_ nasional_ India,_ karena_ mereka_ bersahabat_ dan_ memang_ memiliki_ kesamaan_ visi_ dan_ misi_ dalam_ perjuangannya_ memerdekakan_ bangsanya_ dari_ keterbelakangan. Tagore_ dan_ Ki_ Hajar_ sama-sama_ dekat_ dengan_ rakyat,_ cinta_ kemerdekaan_ dan_ bangga_ atas_ budaya_ bangsanya_ sendiri._ Tagore_ pernah_ mengembalikan_ gelar_ kebangsawanan_ (Sir)_ pada_ raja_ Inggris_ sebagai_ protes_ atas_ keganasan_ tentara_ Inggris_ dalam_ kasus_ Amritsar_ Affair._ Tindakan_ Tagore_ itu_ dilatarbelakangi_ kecintaannya_ kepada_ rakyat._ Begitu_ juga_ halnya_ dengan_ ditanggalkannya_ gelar_ kebangsawanan_ (Raden_ Mas)_ oleh_ Ki_ Hajar._ Tindakan_ ini_ dilatarbelakangi_ keinginan_ untuk_ lebih_ dekat_ dengan_ rakyat_ dari_ segala_ lapisan._ Antara_ Ki_ Hajar_ dengan_ Tagore_ juga_ merupakan_ sosok_ yang_ sama-sama_ cinta_ kemerdekaan_ dan_ budaya_ bangsanya_ sendiri._ Dipilihnya_ bidang_ pendidikan_ dan_ kebudayaan_ sebagai_ medan_ perjuangan_ tidak_ terlepas_ dari_ "strategi"_ untuk_ melepaskan_ diri_ dari_ belenggu_ penjajah._ Adapun_ logika_ berpikirnya_ relatif_ sederhana;_ apabila_ rakyat_ diberi_ pendidikan_ yang_ memadai_ maka_ wawasannya_ semakin_ luas,_ dengan_ demikian_ keinginan_ untuk_ merdeka_ jiwa_ dan_ raganya_ tentu_ akan_ semakin_ tinggi. Di_ barat,_ Paulo_ Freire_ hadir_ dengan_ konsep_ pendidikan_ pembebasan._ Di_ sini,_ Ki_ Hajar_ Dewantara_ menjadi_ pahlawan_ pendidikan_ nasional_ karena_ pendidikan_ sistem_ among_ yang_ ia_ kembangkan_ di_ taman_ siswa._ Ungkapannya_ sangat_ terkenal;_ "tut_ wuri_ handayani",_ "ing_ madya_ mangun_ karsa",_ dan_ "ing_ ngarsa_ sung_ tulada"._ Istilah_ inipun_ tak_ hanya_ populer_ di_ kalangan_ pendidikan,_ tetapi_ juga_ pada_ berbagai_ aspek_ kehidupan_ lain. Siapakah_ sebenarnya_ tokoh_ pelopor_ pendidikan_ bangsa_ ini? Siapa_ sih,_ yang_ tidak_ kenal_ dengan_ tokoh_ yang_ satu_ ini?_ Pejuang_ gigih,_ politisi_ handal,_ guru_ besar_ bangsa,_ pendiri_ Taman_ Siswa,_ memang_ sudah_ diakui_ oleh_ sejarah._ Tapi_ sebagai_ pribadi_ yang_ keras_ tapi_ lembut,_ ayah_ yang_ demokratis,_ sosoknya_ yang_ sederhana,_ penggemar_ barang_ bekas,_ belum_ banyak_ orang_ tahu._ Bahkan_ bagaimana_ tiba-tiba_ dia_ dipanggil_ dengan_ nama_ Ki_ Hajar_ Dewantara_ juga_ belum_ banyak_ yang_ tahu. Tokoh_ peletak_ dasar_ pendidikan_ nasional_ ini_ terlahir_ dengan_ nama_ Raden_ Mas_ Soewardi_ Soeryaningrat,_ dilahirkan_ di_ Yogyakarta_ pada_ hari_ Kamis,_ tanggal_ 2_ Mei_ 1889._ Ia_ berasal_ dari_ lingkungan_ keluarga_ kraton_ Yogyakarta._ Pendidikan_ dasarnya_ diperoleh_ di_ Sekolah_ Dasar_ ELS_ (sekolah_ dasar_ Belanda)_ dan_ setelah_ lulus,_ ia_ meneruskan_ ke_ STOVIA_ (sekolah_ kedokteran_ Bumi_ putera)_ di_ Jakarta,_ tetapi_ tidak_ sampai_ selesai._ Kemudian_ bekerja_ sebagai_ wartawan_ di_ beberapa_ surat_ kabar_ antara_ lain_ Sedya_ Tama,_ Midden_ Java,_ De_ Express,_ Oetoesan_ Hindia,_ Kaoem_ Moeda,_ Tjahaja_ Timoer,_ dan_ Poesara._ Ia_ tergolong_ penulis_ tangguh_ pada_ masanya;_ tulisan-tulisannya_ sangat_ tegar_ dan_ patriotik_ serta_ mampu_ membangkitkan_ semangat_ antikolonial_ bagi_ pembacanya. Selain_ menjadi_ seorang_ wartawan_ muda_ R.M._ Soewardi_ juga_ aktif_ dalam_ organisasi_ sosial_ dan_ politik,_ ini_ terbukti_ di_ tahun_ 1908_ dia_ aktif_ di_ Boedi_ Oetama_ dan_ mendapat_ tugas_ yang_ cukup_ menantang_ di_ seksi_ propaganda._ Dalam_ seksi_ propaganda_ ini_ dia_ aktif_ untuk_ mensosialisasikan_ dan_ menggugah_ kesadaran_ masyarakat_ Indonesia_ pada_ waktu_ itu_ mengenai_ pentingnya_ kesatuan_ dan_ persatuan_ dalam_ berbangsa_ dan_ bernegara. Tiga_ SerangkaiSetelah_ itu_ pada_ tanggal_ 25_ Desember_ 1912_ dia_ mendirikan_ Indische_ Partij_ yang_ bertujuan_ mencapai_ Indonesia_ merdeka,_ organisasi_ ini_ didirikan_ bersama_ dengan_ dr._ Douwes_ Dekker_ dan_ dr._ Cipto_ Mangoenkoesoemo._ Organisasi_ ini_ berusaha_ didaftarkan_ status_ badan_ hukumnya_ pada_ pemerintahan_ kolonial_ Belanda_ tetapi_ ditolak_ pada_ tanggal_ 11_ Maret_ 1913,_ yang_ dikeluarkan_ oleh_ Gubernur_ Jendral_ Idenburg_ sebagai_ wakil_ pemerintah_ Belanda_ di_ negara_ jajahan._ Alasan_ penolakannya_ adalah_ karena_ organisasi_ ini_ dianggap_ oleh_ penjajah_ saat_ itu_ dapat_ membangkitkan_ rasa_ nasionalisme_ rakyat_ dan_ bergerak_ dalam_ sebuah_ kesatuan_ untuk_ menentang_ pemerintah_ kolonial_ Belanda_ !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar