Biografi Raden Ajeng Kartini
_________________________________________________________________________________________
Raden
_Adjeng
_Kartini
_adalah
_seseorang
_dari
_kalangan
_priyayi
_atau
_kelas
_bangsawan
_Jawa,
_putri
_Raden
_Mas
_Adipati
_Ario
_Sosroningrat,
_bupati
_Jepara.
_Ia
_adalah
_putri
_dari
_istri
_pertama,
_tetapi
_bukan
_istri
_utama.
_Ibunya
_bernama
_M.A.
_Ngasirah,
_putri
_dari
_Nyai
_Haji
_Siti
_Aminah
_dan
_Kyai
_Haji
_Madirono,
_seorang
_guru
_agama
_di
_Telukawur,
_Jepara.
Ayah
_Kartini
_pada
_mulanya
_adalah
_seorang
_wedana
_di
_Mayong.
_Peraturan
_kolonial
_waktu
_itu
_mengharuskan
_seorang
_bupati
_beristerikan
_seorang
_bangsawan.
_Karena
_M.A.
_Ngasirah
_bukanlah
_bangsawan
_tinggi,
_maka
_ayahnya
_menikah
_lagi
_dengan
_Raden
_Adjeng
_Woerjan
_(Moerjam),
_keturunan
_langsung
_Raja
_Madura.
_Setelah
_perkimpoian
_itu,
_maka
_ayah
_Kartini
_diangkat
_menjadi
_bupati
_di
_Jepara
_menggantikan
_kedudukan
_ayah
_kandung
_R.A.
_Woerjan,
_R.A.A.
_Tjitrowikromo.
Kartini
_adalah
_anak
_ke-5
_dari
_11
_bersaudara
_kandung
_dan
_tiri.
_Dari
_kesemua
_saudara
_sekandung,
_Kartini
_adalah
_anak
_perempuan
_tertua.
_Kakeknya,
_Pangeran
_Ario
_Tjondronegoro
_IV,
_diangkat
_bupati
_dalam
_usia
_25
_tahun.
_Kakak
_Kartini,
_Sosrokartono,
_adalah
_seorang
_yang
_pintar
_dalam
_bidang
_bahasa.
_Sampai
_usia
_12
_tahun,
_Kartini
_diperbolehkan
_bersekolah
_di
_ELS
_(Europese
_Lagere
_School).
_Di
_sini
_antara
_lain
_Kartini
_belajar
_bahasa
_Belanda.
_Tetapi
_setelah
_usia
_12
_tahun,
_ia
_harus
_tinggal
_di
_rumah
_karena
_sudah
_bisa
_dipingit.
Karena
_Kartini
_bisa
_berbahasa
_Belanda,
_maka
_di
_rumah
_ia
_mulai
_belajar
_sendiri
_dan
_menulis
_surat
_kepada
_teman-teman
_korespondensi
_yang
_berasal
_dari
_Belanda.
_Salah
_satunya
_adalah
_Rosa
_Abendanon
_yang
_banyak
_mendukungnya.
_Dari
_buku-buku,
_koran,
_dan
_majalah
_Eropa,
_Kartini
_tertarik
_pada
_kemajuan
_berpikir
_perempuan
_Eropa.
_Timbul
_keinginannya
_untuk
_memajukan
_perempuan
_pribumi,
_karena
_ia
_melihat
_bahwa
_perempuan
_pribumi
_berada
_pada
_status
_sosial
_yang
_rendah.
Kartini
_banyak
_membaca
_surat
_kabar
_Semarang
_De
_Locomotief
_yang
_diasuh
_Pieter
_Brooshooft,
_ia
_juga
_menerima
_leestrommel
_(paket
_majalah
_yang
_diedarkan
_toko
_buku
_kepada
_langganan).
_Di
_antaranya
_terdapat
_majalah
_kebudayaan
_dan
_ilmu
_pengetahuan
_yang
_cukup
_berat,
_juga
_ada
_majalah
_wanita
_Belanda
_De
_Hollandsche
_Lelie.
_Kartini
_pun
_kemudian
_beberapa
_kali
_mengirimkan
_tulisannya
_dan
_dimuat
_di
_De
_Hollandsche
_Lelie.
_Dari
_surat-suratnya
_tampak
_Kartini
_membaca
_apa
_saja
_dengan
_penuh
_perhatian,
_sambil
_membuat
_catatan-catatan.
_Kadang-kadang
_Kartini
_menyebut
_salah
_satu
_karangan
_atau
_mengutip
_beberapa
_kalimat.
_Perhatiannya
_tidak
_hanya
_semata-mata
_soal
_emansipasi
_wanita,
_tapi
_juga
_masalah
_sosial
_umum.
_Kartini
_melihat
_perjuangan
_wanita
_agar
_memperoleh
_kebebasan,
_otonomi
_dan
_persamaan
_hukum
_sebagai
_bagian
_dari
_gerakan
_yang
_lebih
_luas.
_Di
_antara
_buku
_yang
_dibaca
_Kartini
_sebelum
_berumur
_20,
_terdapat
_judul
_Max
_Havelaar
_dan
_Surat-Surat
_Cinta
_karya
_Multatuli,
_yang
_pada
_November
_1901
_sudah
_dibacanya
_dua
_kali.
_Lalu
_De
_Stille
_Kraacht
_(Kekuatan
_Gaib)
_karya
_Louis
_Coperus.
_Kemudian
_karya
_Van
_Eeden
_yang
_bermutu
_tinggi,
_karya
_Augusta
_de
_Witt
_yang
_sedang-sedang
_saja,
_roman-feminis
_karya
_Nyonya
_Goekoop
_de-Jong
_Van
_Beek
_dan
_sebuah
_roman
_anti-perang
_karangan
_Berta
_Von
_Suttner,
_Die
_Waffen
_Nieder
_(Letakkan
_Senjata).
_Semuanya
_berbahasa
_Belanda.
Oleh
_orangtuanya,
_Kartini
_disuruh
_menikah
_dengan
_bupati
_Rembang,
_K.R.M.
_Adipati
_Ario
_Singgih
_Djojo
_Adhiningrat,
_yang
_sudah
_pernah
_memiliki
_tiga
_istri.
_Kartini
_menikah
_pada
_tanggal
_12
_November
_1903.
_Suaminya
_mengerti
_keinginan
_Kartini
_dan
_Kartini
_diberi
_kebebasan
_dan
_didukung
_mendirikan
_sekolah
_wanita
_di
_sebelah
_timur
_pintu
_gerbang
_kompleks
_kantor
_kabupaten
_Rembang,
_atau
_di
_sebuah
_bangunan
_yang
_kini
_digunakan
_sebagai
_Gedung
_Pramuka.
_Anak
_pertama
_dan
_sekaligus
_terakhirnya,
_RM
_Soesalit,
_lahir
_pada
_tanggal
_13
_September
_1904.
_Beberapa
_hari
_kemudian,
_17
_September
_1904,
_Kartini
_meninggal
_pada
_usia
_25
_tahun.
_Kartini
_dimakamkan
_di
_Desa
_Bulu,
_Kecamatan
_Bulu,
_Rembang.
Berkat
_kegigihannya
_Kartini,
_kemudian
_didirikan
_Sekolah
_Wanita
_oleh
_Yayasan
_Kartini
_di
_Semarang
_pada
_1912,
_dan
_kemudian
_di
_Surabaya,
_Yogyakarta,
_Malang,
_Madiun,
_Cirebon
_dan
_daerah
_lainnya.
_Nama
_sekolah
_tersebut
_adalah
_"Sekolah
_Kartini".
_Yayasan
_Kartini
_ini
_didirikan
_oleh
_keluarga
_Van
_Deventer,
_seorang
_tokoh
_Politik
_Etis.
Presiden
_Soekarno
_mengeluarkan
_Keputusan
_Presiden
_Republik
_Indonesia
_No.108
_Tahun
_1964,
_tanggal
_2
_Mei
_1964,
_yang
_menetapkan
_Kartini
_sebagai
_Pahlawan
_Kemerdekaan
_Nasional
_sekaligus
_menetapkan
_hari
_lahir
_Kartini,
_tanggal
_21
_April,
_untuk
_diperingati
_setiap
_tahun
_sebagai
_hari
_besar
_yang
_kemudian
_dikenal
_sebagai
_Hari
_Kartini.
Kontroversi
Ada
_kalangan
_yang
_meragukan
_kebenaran
_surat-surat
_Kartini.
_Ada
_dugaan
_J.H.
_Abendanon,
_Menteri
_Kebudayaan,
_Agama,
_dan
_Kerajinan
_saat
_itu,
_merekayasa
_surat-surat
_Kartini.
_Kecurigaan
_ini
_timbul
_karena
_memang
_buku
_Kartini
_terbit
_saat
_pemerintahan
_kolonial
_Belanda
_menjalankan
_politik
_etis
_di
_Hindia
_Belanda,
_dan
_Abendanon
_termasuk
_yang
_berkepentingan
_dan
_mendukung
_politik
_etis.
_Hingga
_saat
_ini
_pun
_sebagian
_besar
_naskah
_asli
_surat
_tak
_diketahui
_keberadaannya.
_Menurut
_almarhumah
_Sulastin
_Sutrisno,
_jejak
_keturunan
_J.H.
_Abendanon
_pun
_sukar
_untuk
_dilacak
_Pemerintah
_Belanda.
Penetapan
_tanggal
_kelahiran
_Kartini
_sebagai
_hari
_besar
_juga
_agak
_diperdebatkan.
_Pihak
_yang
_tidak
_begitu
_menyetujui,
_mengusulkan
_agar
_tidak
_hanya
_merayakan
_Hari
_Kartini
_saja,
_namun
_merayakannya
_sekaligus
_dengan
_Hari
_Ibu
_pada
_tanggal
_22
_Desember.
_Alasan
_mereka
_adalah
_agar
_tidak
_pilih
_kasih
_dengan
_pahlawan-pahlawan
_wanita
_Indonesia
_lainnya,
_karena
_masih
_ada
_pahlawan
_wanita
_lain
_yang
_tidak
_kalah
_hebat
_dengan
_Kartini.
_Menurut
_mereka,
_wilayah
_perjuangan
_Kartini
_itu
_hanyalah
_di
_Jepara
_dan
_Rembang
_saja,
_Kartini
_juga
_tidak
_pernah
_memanggul
_senjata
_melawan
_penjajah.
_Dan
_berbagai
_alasan
_lainnya.
_Pihak
_yang
_pro
_mengatakan
_bahwa
_Kartini
_tidak
_hanya
_seorang
_tokoh
_emansipasi
_wanita
_yang
_mengangkat
_derajat
_kaum
_wanita
_Indonesia
_saja,
_melainkan
_adalah
_tokoh
_nasional;
_artinya,
_dengan
_ide
_dan
_gagasan
_pembaruannya
_tersebut
_dia
_telah
_berjuang
_untuk
_kepentingan
_bangsanya.
_Cara
_pikirnya
_sudah
_melingkupi
_perjuangan
_nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar