Biografi Haji Ahmad Dahlan
Kyai
_Haji
_Ahmad
_Dahlan
_(lahir
_di
_Yogyakarta,
_1
_Agustus
_1868
_–
_meninggal
_di
_Yogyakarta,
_23
_Februari
_1923
_pada
_umur
_54
_tahun)
_adalah
_seorang
_Pahlawan
_Nasional
_Indonesia.
_Ia
_adalah
_putera
_keempat
_dari
_tujuh
_bersaudara
_dari
_keluarga
_K.H.
_Abu
_Bakar.
_KH
_Abu
_Bakar
_adalah
_seorang
_ulama
_dan
_khatib
_terkemuka
_di
_Masjid
_Besar
_Kasultanan
_Yogyakarta
_pada
_masa
_itu,
_dan
_ibu
_dari
_K.H.
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_puteri
_dari
_H.
_Ibrahim
_yang
_juga
_menjabat
_penghulu
_Kasultanan
_Yogyakarta
_pada
_masa
_itu.
Latar
_belakang
_keluarga
_dan
_pendidikan
Nama
_kecil
_K.H.
_Ahmad
_Dahlan
_adalah
_Muhammad
_Darwisy.
_Ia
_merupakan
_anak
_keempat
_dari
_tujuh
_orang
_bersaudara
_yang
_keseluruhanya
_saudaranya
_perempuan,
_kecuali
_adik
_bungsunya.
_Dalam
_silsilah
_ia
_termasuk
_keturunan
_yang
_kedua
_belas
_dari
_Maulana
_Malik
_Ibrahim,
_seorang
_wali
_besar
_dan
_seorang
_yang
_terkemuka
_diantara
_Wali
_Songo,
_yang
_merupakan
_pelopor
_pertama
_dari
_penyebaran
_dan
_pengembangan
_Islam
_di
_Tanah
_Jawa
_(Kutojo
_dan
_Safwan,
_1991).
_Adapun
_silsilahnya
_ialah
_Muhammad
_Darwisy
_(Ahmad
_Dahlan)
_bin
_KH.
_Abu
_Bakar
_bin
_KH.
_Muhammad
_Sulaiman
_bin
_Kyai
_Murtadla
_bin
_Kyai
_Ilyas
_bin
_Demang
_Djurung
_Djuru
_Kapindo
_bin
_Demang
_Djurung
_Djuru
_Sapisan
_bin
_Maulana
_Sulaiman
_Ki
_Ageng
_Gribig
_(Djatinom)
_bin
_Maulana
_Muhammad
_Fadlullah
_(Prapen)
_bin
_Maulana
_'Ainul
_Yaqin
_bin
_Maulana
_Ishaq
_bin
_Maulana
_Malik
_Ibrahim
_(Yunus
_Salam,
_1968:
_6).
Pada
_umur
_15
_tahun,
_beliau
_pergi
_haji
_dan
_tinggal
_di
_Mekah
_selama
_lima
_tahun.
_Pada
_periode
_ini,
_Ahmad
_Dahlan
_mulai
_berinteraksi
_dengan
_pemikiran-pemikiran
_pembaharu
_dalam
_Islam,
_seperti
_Muhammad
_Abduh,
_Al-Afghani,
_Rasyid
_Ridha
_dan
_Ibnu
_Taimiyah.
_Ketika
_pulang
_kembali
_ke
_kampungnya
_tahun
_1888,
_beliau
_berganti
_nama
_menjadi
_Ahmad
_Dahlan.
Pada
_tahun
_1903,
_beliau
_bertolak
_kembali
_ke
_Mekah
_dan
_menetap
_selama
_dua
_tahun.
_Pada
_masa
_ini,
_beliau
_sempat
_berguru
_kepada
_Syeh
_Ahmad
_Khatib
_yang
_juga
_guru
_dari
_pendiri
_NU,
_K.H.
_Hasyim
_Asyari.
_Pada
_tahun
_1912,
_ia
_mendirikan
_Muhammadiyah
_di
_kampung
_Kauman,
_Yogyakarta.
Sepulang
_dari
_Mekkah,
_ia
_menikah
_dengan
_Siti
_Walidah,
_sepupunya
_sendiri,
_anak
_Kyai
_Penghulu
_Haji
_Fadhil,
_yang
_kelak
_dikenal
_dengan
_Nyai
_Ahmad
_Dahlan,
_seorang
_Pahlawanan
_Nasional
_dan
_pendiri
_Aisyiyah.
_Dari
_perkawinannya
_dengan
_Siti
_Walidah,
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_mendapat
_enam
_orang
_anak
_yaitu
_Djohanah,
_Siradj
_Dahlan,
_Siti
_Busyro,
_Irfan
_Dahlan,
_Siti
_Aisyah,
_Siti
_Zaharah
_(Kutojo
_dan
_Safwan,
_1991).
_Disamping
_itu
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_pernah
_pula
_menikahi
_Nyai
_Abdullah,
_janda
_H.
_Abdullah.
_la
_juga
_pernah
_menikahi
_Nyai
_Rum,
_adik
_Kyai
_Munawwir
_Krapyak.
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_juga
_mempunyai
_putera
_dari
_perkawinannya
_dengan
_Ibu
_Nyai
_Aisyah
_(adik
_Adjengan
_Penghulu)
_Cianjur
_yang
_bernama
_Dandanah.
_Ia
_pernah
_pula
_menikah
_dengan
_Nyai
_Yasin
_Pakualaman
_Yogyakarta
_(Yunus
_Salam,
_1968:
_9).
_Beliau
_dimakamkan
_di
_KarangKajen,
_Yogyakarta.
Pengalaman
_Organisasi
Disamping
_aktif
_dalam
_menggulirkan
_gagasannya
_tentang
_gerakan
_dakwah
_Muhammadiyah,
_ia
_juga
_tidak
_lupa
_akan
_tugasnya
_sebagai
_pribadi
_yang
_mempunyai
_tanggung
_jawab
_pada
_keluarganya.
_Disamping
_itu,
_ia
_juga
_dikenal
_sebagai
_seorang
_wirausahawan
_yang
_cukup
_berhasil
_dengan
_berdagang
_batik
_yang
_saat
_itu
_merupakan
_profesi
_entrepreneurship
_yang
_cukup
_menggejala
_di
_masyarakat.
Sebagai
_seorang
_yang
_aktif
_dalam
_kegiatan
_bermasyarakat
_dan
_mempunyai
_gagasan-gagasan
_cemerlang,
_Dahlan
_juga
_dengan
_mudah
_diterima
_dan
_dihormati
_di
_tengah
_kalangan
_masyarakat,
_sehingga
_ia
_juga
_dengan
_cepat
_mendapatkan
_tempat
_di
_organisasi
_Jam'iyatul
_Khair,
_Budi
_Utomo,
_Syarikat
_Islam
_dan
_Comite
_Pembela
_Kanjeng
_Nabi
_Muhammad
_SAW.
Pada
_tahun
_1912,
_Ahmad
_Dahlan
_pun
_mendirikan
_organisasi
_Muhammadiyah
_untuk
_melaksanakan
_cita-cita
_pembaharuan
_Islam
_di
_bumi
_Nusantara.
_Ahmad
_Dahlan
_ingin
_mengadakan
_suatu
_pembaharuan
_dalam
_cara
_berpikir
_dan
_beramal
_menurut
_tuntunan
_agama
_Islam.
_la
_ingin
_mengajak
_umat
_Islam
_Indonesia
_untuk
_kembali
_hidup
_menurut
_tuntunan
_al-Qur'an
_dan
_al-Hadits.
_Perkumpulan
_ini
_berdiri
_bertepatan
_pada
_tanggal
_18
_Nopember
_1912.
_Dan
_sejak
_awal
_Dahlan
_telah
_menetapkan
_bahwa
_Muhammadiyah
_bukan
_organisasi
_politik
_tetapi
_bersifat
_sosial
_dan
_bergerak
_di
_bidang
_pendidikan.
Gagasan
_pendirian
_Muhammadiyah
_oleh
_Ahmad
_Dahlan
_ini
_juga
_mendapatkan
_resistensi,
_baik
_dari
_keluarga
_maupun
_dari
_masyarakat
_sekitarnya.
_Berbagai
_fitnahan,
_tuduhan
_dan
_hasutan
_datang
_bertubi-tubi
_kepadanya.
_la
_dituduh
_hendak
_mendirikan
_agama
_baru
_yang
_menyalahi
_agama
_Islam.
_Ada
_yang
_menuduhnya
_kyai
_palsu,
_karena
_sudah
_meniru-niru
_bangsa
_Belanda
_yang
_Kristen
_dan
_macam-macam
_tuduhan
_lain.
_Bahkan
_ada
_pula
_orang
_yang
_hendak
_membunuhnya.
_Namun
_rintangan-rintangan
_tersebut
_dihadapinya
_dengan
_sabar.
_Keteguhan
_hatinya
_untuk
_melanjutkan
_cita-cita
_dan
_perjuangan
_pembaharuan
_Islam
_di
_tanah
_air
_bisa
_mengatasi
_semua
_rintangan
_tersebut.
Pada
_tanggal
_20
_Desember
_1912,
_Ahmad
_Dahlan
_mengajukan
_permohonan
_kepada
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda
_untuk
_mendapatkan
_badan
_hukum.
_Permohonan
_itu
_baru
_dikabulkan
_pada
_tahun
_1914,
_dengan
_Surat
_Ketetapan
_Pemerintah
_No.
_81
_tanggal
_22
_Agustus
_1914.
_Izin
_itu
_hanya
_berlaku
_untuk
_daerah
_Yogyakarta
_dan
_organisasi
_ini
_hanya
_boleh
_bergerak
_di
_daerah
_Yogyakarta.
_Dari
_Pemerintah
_Hindia
_Belanda
_timbul
_kekhawatiran
_akan
_perkembangan
_organisasi
_ini.
_Itulah
_sebabnya
_kegiatannya
_dibatasi.
_Walaupun
_Muhammadiyah
_dibatasi,
_tetapi
_di
_daerah
_lain
_seperti
_Srandakan,
_Wonosari
_dan
_Imogiri
_dan
_lain-Iain
_tempat
_telah
_berdiri
_cabang
_Muhammadiyah.
_Hal
_ini
_jelas
_bertentangan
_dengan
_keinginan
_pemerintah
_Hindia
_Belanda.
_Untuk
_mengatasinya,
_maka
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_menyiasatinya
_dengan
_menganjurkan
_agar
_cabang
_Muhammadiyah
_di
_luar
_Yogyakarta
_memakai
_nama
_lain.
_Misalnya
_Nurul
_Islam
_di
_Pekalongan,
_Ujung
_Pandang
_dengan
_nama
_Al-Munir,
_di
_Garut
_dengan
_nama
_Ahmadiyah.
_Sedangkan
_di
_Solo
_berdiri
_perkumpulan
_Sidiq
_Amanah
_Tabligh
_Fathonah
_(SATF)
_yang
_mendapat
_pimpinan
_dari
_cabang
_Muhammadiyah.
_Bahkan
_dalam
_kota
_Yogyakarta
_sendiri
_ia
_menganjurkan
_adanya
_jama'ah
_dan
_perkumpulan
_untuk
_mengadakan
_pengajian
_dan
_menjalankan
_kepentingan
_Islam.
_Perkumpulan-perkumpulan
_dan
_Jama'ah-jama'ah
_ini
_mendapat
_bimbingan
_dari
_Muhammadiyah,
_yang
_diantaranya
_ialah
_Ikhwanul
_Muslimin,
_Taqwimuddin,
_Cahaya
_Muda,
_Hambudi-Suci,
_Khayatul
_Qulub,
_Priya
_Utama,
_Dewan
_Islam,
_Thaharatul
_Qulub,
_Thaharatul-Aba,
_Ta'awanu
_alal
_birri,
_Ta'ruf
_bima
_kanu
_wal-
_Fajri,
_Wal-Ashri,
_Jamiyatul
_Muslimin,
_Syahratul
_Mubtadi
_(Kutojo
_dan
_Safwan,
_1991:
_33).
Gagasan
_pembaharuan
_Muhammadiyah
_disebarluaskan
_oleh
_Ahmad
_Dahlan
_dengan
_mengadakan
_tabligh
_ke
_berbagai
_kota,
_disamping
_juga
_melalui
_relasi-relasi
_dagang
_yang
_dimilikinya.
_Gagasan
_ini
_ternyata
_mendapatkan
_sambutan
_yang
_besar
_dari
_masyarakat
_di
_berbagai
_kota
_di
_Indonesia.
_Ulama-ulama
_dari
_berbagai
_daerah
_lain
_berdatangan
_kepadanya
_untuk
_menyatakan
_dukungan
_terhadap
_Muhammadiyah.
_Muhammadiyah
_makin
_lama
_makin
_berkembang
_hampir
_di
_seluruh
_Indonesia.
_Oleh
_karena
_itu,
_pada
_tanggal
_7
_Mei
_1921
_Dahlan
_mengajukan
_permohonan
_kepada
_pemerintah
_Hindia
_Belanda
_untuk
_mendirikan
_cabang-cabang
_Muhammadiyah
_di
_seluruh
_Indonesia.
_Permohonan
_ini
_dikabulkan
_oleh
_pemerintah
_Hindia
_Belanda
_pada
_tanggal
_2
_September
_1921.
Sebagai
_seorang
_yang
_demokratis
_dalam
_melaksanakan
_aktivitas
_gerakan
_dakwah
_Muhammadiyah,
_Dahlan
_juga
_memfasilitasi
_para
_anggota
_Muhammadiyah
_untuk
_proses
_evaluasi
_kerja
_dan
_pemilihan
_pemimpin
_dalam
_Muhammadiyah.
_Selama
_hidupnya
_dalam
_aktivitas
_gerakan
_dakwah
_Muhammadiyah,
_telah
_diselenggarakan
_dua
_belas
_kali
_pertemuan
_anggota
_(sekali
_dalam
_setahun),
_yang
_saat
_itu
_dipakai
_istilah
_AIgemeene
_Vergadering
_(persidangan
_umum).
Menjadi
_Pahlawan
_Nasional
Atas
_jasa-jasa
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_dalam
_membangkitkan
_kesadaran
_bangsa
_ini
_melalui
_pembaharuan
_Islam
_dan
_pendidikan,
_maka
_Pemerintah
_Republik
_Indonesia
_menetapkannya
_sebagai
_Pahlawan
_Nasional
_dengan
_surat
_Keputusan
_Presiden
_no.
_657
_tahun
_1961.
_Dasar-dasar
_penetapan
_itu
_ialah
_sebagai
_berikut:
1.
_KH.
_Ahmad
_Dahlan
_telah
_mempelopori
_kebangkitan
_ummat
_Islam
_untuk
_menyadari
_nasibnya
_sebagai
_bangsa
_terjajah
_yang
_masih
_harus
_belajar
_dan
_berbuat;
2.
_Dengan
_organisasi
_Muhammadiyah
_yang
_didirikannya,
_telah
_banyak
_memberikan
_ajaran
_Islam
_yang
_murni
_kepada
_bangsanya.
_Ajaran
_yang
_menuntut
_kemajuan,
_kecerdasan,
_dan
_beramal
_bagi
_masyarakat
_dan
_umat,
_dengan
_dasar
_iman
_dan
_Islam;
3.
_Dengan
_organisasinya,
_Muhammadiyah
_telah
_mempelopori
_amal
_usaha
_sosial
_dan
_pendidikan
_yang
_amat
_diperlukan
_bagi
_kebangkitan
_dan
_kemajuan
_bangsa,
_dengan
_jiwa
_ajaran
_Islam;
_dan
4.
_Dengan
_organisasinya,
_Muhammadiyah
_bagian
_wanita
_(Aisyiyah)
_telah
_mempelopori
_kebangkitan
_wanita
_Indonesia
_untuk
_mengecap
_pendidikan
_dan
_berfungsi
_sosial,
_setingkat
_dengan
_kaum
_pria.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar