Kamis, 12 Desember 2013

Biografi Kapitan Pattimura - Pahlawan Nasional Maluku




Patung Patimura

Pattimura,_memiliki_nama_asli_Thomas_Matulessy_(lahir_di_Hualoy,_Hualoy,_Seram_Selatan,_Maluku,_8_Juni_1783__meninggal_di_Ambon,_Maluku,_16_Desember_1817_pada_umur_34_tahun).Ia_adalah_putra_Frans_Matulesi_dengan_Fransina_Silahoi._Adapun_dalam_buku_biografi_Pattimura_versi_pemerintah_yang_pertama_kali_terbit,_M_Sapija_menulis,_"Bahwa_pahlawan_Pattimura_tergolong_turunan_bangsawan_dan_berasal_dari_Nusa_Ina_(Seram)._Ayah_beliau_yang_bernama_Antoni_Mattulessy_adalah_anak_dari_Kasimiliali_Pattimura_Mattulessy._Yang_terakhir_ini_adalah_putra_raja_Sahulau._Sahulau_merupakan_nama_orang_di_negeri_yang_terletak_dalam_sebuah_teluk_di_Seram_Selatan". Dari_sejarah_tentang_Pattimura_yang_ditulis_M_Sapija,_gelar_kapitan_adalah_pemberian_Belanda._Padahal_tidak._Menurut_Sejarawan_Mansyur_Suryanegara,_leluhur_bangsa_ini,_dari_sudut_sejarah_dan_antropologi,_adalah_homo_religiosa_(makhluk_agamis)._Keyakinan_mereka_terhadap_sesuatu_kekuatan_di_luar_jangkauan_akal_pikiran_mereka,_menimbulkan_tafsiran_yang_sulit_dicerna_rasio_modern._Oleh_sebab_itu,_tingkah_laku_sosialnya_dikendalikan_kekuatan-kekuatan_alam_yang_mereka_takuti. Jiwa_mereka_bersatu_dengan_kekuatan-kekuatan_alam,_kesaktian-kesaktian_khusus_yang_dimiliki_seseorang._Kesaktian_itu_kemudian_diterima_sebagai_sesuatu_peristiwa_yang_mulia_dan_suci._Bila_ia_melekat_pada_seseorang,_maka_orang_itu_adalah_lambang_dari_kekuatan_mereka._Dia_adalah_pemimpin_yang_dianggap_memiliki_kharisma._Sifat-sifat_itu_melekat_dan_berproses_turun-temurun._Walaupun_kemudian_mereka_sudah_memeluk_agama,_namun_secara_genealogis/silsilah/keturunan_adalah_turunan_pemimpin_atau_kapitan._Dari_sinilah_sebenarnya_sebutan_"kapitan"_yang_melekat_pada_diri_Pattimura_itu_bermula. Sebelum_melakukan_perlawanan_terhadap_VOC_ia_pernah_berkarier_dalam_militer_sebagai_mantan_sersan_Militer_Inggris._Kata_"Maluku"_berasal_dari_bahasa_Arab_Al_Mulk_atau_Al_Malik_yang_berarti_Tanah_Raja-Raja._mengingat_pada_masa_itu_banyaknya_kerajaan Pada_tahun_1816_pihak_Inggris_menyerahkan_kekuasaannya_kepada_pihak_Belanda_dan_kemudian_Belanda_menetrapkan_kebijakan_politik_monopoli,_pajak_atas_tanah_(landrente),_pemindahan_penduduk_serta_pelayaran_Hongi_(Hongi_Tochten),_serta_mengabaikan_Traktat_London_I_antara_lain_dalam_pasal_11_memuat_ketentuan_bahwa_Residen_Inggris_di_Ambon_harus_merundingkan_dahulu_pemindahan_koprs_Ambon_dengan_Gubenur_dan_dalam_perjanjian_tersebut_juga_dicantumkan_dengan_jelas_bahwa_jika_pemerintahan_Inggris_berakhir_di_Maluku_maka_para_serdadu-serdadu_Ambon_harus_dibebaskan_dalam_artian_berhak_untuk_memilih_untuk_memasuki_dinas_militer_pemerintah_baru_atau_keluar_dari_dinas_militer,_akan_tetapi_dalam_pratiknya_pemindahn_dinas_militer_ini_dipaksakan_Kedatangan_kembali_kolonial_Belanda_pada_tahun_1817_mendapat_tantangan_keras_dari_rakyat. Hal_ini_disebabkan_karena_kondisi_politik,_ekonomi,_dan_hubungan_kemasyarakatan_yang_buruk_selama_dua_abad._Rakyat_Maluku_akhirnya_bangkit_mengangkat_senjata_di_bawah_pimpinan_Kapitan_Pattimura_Maka_pada_waktu_pecah_perang_melawan_penjajah_Belanda_tahun_1817,_Raja-raja_Patih,_Para_Kapitan,_Tua-tua_Adat_dan_rakyat_mengangkatnya_sebagai_pemimpin_dan_panglima_perang_karena_berpengalaman_dan_memiliki_sifat-sfat_kesatria_(kabaressi)._Sebagai_panglima_perang,_Kapitan_Pattimura_mengatur_strategi_perang_bersama_pembantunya. Sebagai_pemimpin_dia_berhasil_mengkoordinir_Raja-raja_Patih_dalam_melaksanakan_kegiatan_pemerintahan,_memimpin_rakyat,_mengatur_pendidikan,_menyediakan_pangan_dan_membangun_benteng-benteng_pertahanan._Kewibawaannya_dalam_kepemimpinan_diakui_luas_oleh_para_Raja_Patih_maupun_rakyat_biasa._Dalam_perjuangan_menentang_Belanda_ia_juga_menggalang_persatuan_dengan_kerajaan_Ternate_dan_Tidore,_raja-raja_di_Bali,_Sulawesi_dan_Jawa._Perang_Pattimura_yang_berskala_nasional_itu_dihadapi_Belanda_dengan_kekuatan_militer_yang_besar_dan_kuat_dengan_mengirimkan_sendiri_Laksamana_Buykes,_salah_seorang_Komisaris_Jenderal_untuk_menghadapi_Patimura. Pertempuran-pertempuran_yang_hebat_melawan_angkatan_perang_Belanda_di_daratdan_di_laut_dikoordinir_Kapitan_Pattimura_yang_dibantu_oleh_para_penglimanya_antara_lain_Melchior_Kesaulya,_Anthoni_Rebhok,_Philip_Latumahina_dan_Ulupaha._Pertempuran_yang_menghancurkan_pasukan_Belanda_tercatat_seperti_perebutan_benteng_Belanda_Duurstede,_pertempuran_di_pantai_Waisisil_dan_jasirah_Hatawano,_Ouw-_Ullath,_Jasirah_Hitu_di_Pulau_Ambon_dan_Seram_Selatan._Perang_Pattimura_hanya_dapat_dihentikan_dengan_politik_adu_domba,_tipu_muslihat_dan_bumi_hangus_oleh_Belanda._Para_tokoh_pejuang_akhirnya_dapat_ditangkap_dan_mengakhiri_pengabdiannya_di_tiang_gantungan_pada_tanggal_16_Desember_1817_di_kota_Ambon._Untuk_jasa_dan_pengorbanannya_itu,_Kapitan_Pattimura_dikukuhkan_sebagai_"PAHLAWAN_PERJUANGAN_KEMERDEKAAN"_oleh_pemerintah_Republik_Indonesia......_Pahlawan_Nasional_Indonesia._Ketuhanan_yang_maha_esa_Kemanusiaan_yang_adil_dan_beradab_Persatuan_Indonesia_Kerakyatan_yang_dipimpin_oleh_hikmah_kebijaksanaan_dalam_permusyawaratan_perwakilan_kemerdekaan_bagi_seluruh_rakyat_indonesia. Patung_Pattimura Meluruskan_sejarah_Kapitan_Ahmad_`Pattimura'_Lussy Tokoh_Muslim_ini_sebenarnya_bernama_Ahmad_Lussy,_tetapi_dia_lebih_dikenal_dengan_Thomas_Mattulessy_yang_identik_Kristen._Inilah_Salah_satu_contoh_deislamisasi_dan_penghianatan_kaum_minor_atas_sejarah_pejuang_Muslim_di_Maluku_dan/atau_Indonesia_umumnya. (Saya_katakan_kepada_kamu_sekalian_(bahwa)_saya_adalah_beringin_besar_dan setiap_beringin_besar_akan_tumbang_tapi_beringin_lain_akan_menggantinya (demikian_pula)_saya_katakan_kepada_kamu_sekalian_(bahwa)_saya_adalah_batu besar_dan_setiap_batu_besar_akan_terguling_tapi_batu_lain_akan menggantinya). Ucapan-ucapan_puitis_yang_penuh_tamsil_itu_diucapkan_oleh_Kapitan_Ahmad_Lussy_atau_dikenal_dengan_sebutan_Pattimura,_pahlawan_dari_Maluku._Saat_itu,_16_Desember_1817,_tali_hukuman_gantung_telah_terlilit_di_lehernya._Dari_ucapan-ucapannya,_tampak_bahwa_Ahmad_Lussy_seorang_patriot_yang_berjiwa_besar._Dia_tidak_takut_ancaman_maut._Wataknya_teguh,_memiliki_kepribadian_dan_harga_diri_di_hadapan_musuh._Ahmad_Lussy_juga_tampak_optimis._Namun_keberanian_dan_patriotisme_Pattimura_itu_terdistorsi_oleh_penulisan_sejarah_versi_pemerintah._M_Sapija,_sejarawan_yang_pertama_kali_menulis_buku_tentang_Pattimura,_mengartikan_ucapan_di_ujung_maut_itu_dengan "Pattimura-Pattimura_tua_boleh_dihancurkan,_tetapi_kelak_Pattimura-Pattimura muda_akan_bangkit" Namun_menurut_M_Nour_Tawainella,_juga_seorang_sejarawan,_penafsiran_Sapija_itu_tidak_pas_karena_warna_tata_bahasa_Indonesianya_terlalu_modern_dan_berbeda_dengan_konteks_budaya_zaman_itu._Di_bagian_lain,_Sapija_menafsirkan, "Selamat_tinggal_saudara-saudara",_atau_"Selamat_tinggal_tuang-tuang" Inipun_disanggah_Tawainella._Sebab,_ucapan_seperti_itu_bukanlah_tipikal_Pattimura_yang_patriotik_dan_optimis._Puncak_kontroversi_tentang_siapa_Pattimura_adalah_penyebutan_Ahmad_Lussy_dengan_nama_Thomas_Mattulessy,_dari_nama_seorang_Muslim_menjadi_seorang_Kristen._Hebatnya,_masyarakat_lebih_percaya_kepada_predikat_Kristen_itu,_karena_Maluku_sering_diidentikkan_dengan_Kristen._inilah_yang_menjadi_perdebatan_sejarah_hingga_sekarang_ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar